• Three Angels Media

Bagian 13: Kesaksian dari Katolik Roma


Berikut adalah kutipan-kutipan dari berbagai sumber Katolik Roma mengenai perubahan yang dilakukan oleh Gereja Katolik yang merubah peribadatan Hari Sabat ke Hari Minggu, yang dengan sadar mengakui melakukan perubahan tanpa dasar Alkitab, tetapi berdasarkan klaim otoritas Gereja (Katolik).

Pertanyaan: Apa itu hari Sabat? Jawaban: Sabtu adalah hari Sabat.

Pertanyaan: Mengapa kita memelihara hari Minggu bukan hari Sabtu? Jawaban: Kami memelihara hari Minggu, bukan hari Sabtu karena gereja Katolik mentransfer kekhidmatan dari hari Sabtu ke hari Minggu. Pdt. Peter Geiermann C.S.S.R., The Convert’s Catechism of Catholic Doctrine, p. 50 (1946).

"Tapi karena hari Sabtu, bukan hari Minggu, ditetapkan dalam Alkitab, tidakkah penasaran bahwa orang-orang non-Katolik yang mengaku membawa agama mereka secara langsung dari Alkitab dan bukan membawa dari Gereja katolik, justru malahan memelihara hari Minggu dan bukan hari Sabtu? Ya, tentu saja, ini tidak konsisten; Namun perubahan ini dibuat sekitar lima belas abad sebelum Protestantisme lahir, dan pada saat itu kebiasaan tersebut dipelihara secara universal. Mereka melanjutkan adat istiadat, meskipun hal tersebut bersandar pada otoritas Gereja Katolik dan bukan teks eksplisit dalam Alkitab. Ketaatannya (orang protestan) memelihara hari minggu sebagai pengingat akan Gereja Ibu (gereja katolik) yang darinya sekte non-Katolik terpecah-seperti seorang anak laki-laki yang melarikan diri dari rumah namun masih membawa di dalam sakunya gambar ibunya atau liontin rambutnya. Kutipan dari The Faith of Millions: The Credentials of the Catholic Religion, dari Pdt. John O’ Brien, Ph.D., p. 473.

"Gereja [Katolik Roma] merubah pemeliharaan pada hari Sabat ke hari Minggu dengan hak otoritas ilahi dan tidak dapat salah yang diberikan kepadanya oleh pendirinya, Yesus Kristus. Orang-orang Protestan yang mengklaim Alkitab sebagai satu-satunya pedoman iman, tidak memiliki surat perintah untuk memelihara hari Minggu" The Catholic Universe Bulletin ,August 14, 1942, p. 4.

"Pemeliharaan hari Minggu oleh orang-orang Protestan adalah penghormatan yang mereka bayar, terlepas dari diri mereka sendiri, atas otoritas Gereja [Katolik Roma]." Monsignor Louis Segur, Plain Talk about the Protestantism of Today, hlm. 213.

"Saya telah berulang kali menawarkan $1000 kepada siapa saja yang bisa membuktikan kepada saya dari Alkitab sendiri bahwa saya terikat memelihara hari Minggu kudus. Tidak ada hukum seperti itu di dalam Alkitab. Itu adalah hukum Gereja Katolik Suci saja. Alkitab mengatakan 'Ingatlah hari Sabat untuk menjaganya tetap suci.' Gereja Katolik mengatakan, Tidak. Dengan kekuatan ilahi saya, saya menghapuskan hari Sabat dan memerintahkan Anda untuk menjaga kekudusan hari pertama dalam minggu. Dan lihat! Seluruh peradaban dunia tunduk dengan hormat kepada perintah Gereja Katolik yang Kudus" Priest Thomas Enright, C.S.S.R., 18 Februari 1884

"Hari Minggu adalah sebuah institusi Katolik, dan ... dapat dipertahankan hanya berdasarkan prinsip-prinsip Katolik ... Dari awal sampai akhir Kitab Suci tidak ada satu bagian pun yang menjamin pemindahan ibadah umum mingguan dari hari terakhir dalam minggu ke hari pertama." Catholic Press, 25 Agustus 1900

"Sabat itu hari Sabtu, bukan hari Minggu. Gereja merubah pemeliharaan hari Sabat ke pemeliharaan hari Minggu. Orang-orang Protestan pasti agak bingung dengan pemeliharaan hari Minggu saat Tuhan dengan jelas berkata, 'Jaga kekudusan Hari Sabat'. Kata hari matahari / hari Minggu tidak datang dari dalam Alkitab, jadi, tanpa mengetahuinya mereka mentaati otoritas Gereja Katolik. " Canon Cafferata, Cafferata, The Catechism Explained, p. 89.

"Alasan dan rasa menuntut penerimaan satu sama lain dari alternatif-alternatif ini: baik Protestantisme dan memelihara kekudusan hari Sabtu, atau Katolik dengan memelihara kekudusan hari Minggu. Kompromi itu mustahil. "John Cardinal Gibbons, The Catholic Mirror, 23 Desember 1893.

Artikel diatas diambil dan diterjemahkan dari White Horse Media atas ijin Steve Wohlberg, Direktur dan Pembicara White Horse Media.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

<-- artikel sebelumnya | artikel selanjutnya -->

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA