• Three Angels Media

Bagian 1 : Mengidentifikasi “binatang”


Wahyu pasal 13 menggambarkan ada dua binatang - yang pertama muncul keluar dari laut (13: 1) dan yang kedua keluar dari bumi (13:11). Artikel ini membahas binatang yang pertama. Saya harus memperingatkan Anda: Topik ini mengejutkan, kontroversial, dan pasti menimbulkan diskusi panas. Meski demikian harus dipresentasikan dengan setia, adil, dan tanpa kompromi. Yohanes menulis: "Aku melihat seekor binatang keluar dari laut" (Wahyu 13: 1).

Siapakah binatang buas yang nampak begitu besar dalam kitab terakhir Allah? Mereka yang menerima “Paham Preterist” (silahkan baca Artikel Preterist) dari penafsiran dari Kitab Wahyu umumnya percaya bahwa binatang itu adalah Kaisar Romawi Nero yang membantai orang-orang Kristen dan Yahudi pada abad pertama Masehi. Hank Hanegraaff dan Sigmund Brouwer mengungkapkan pandangan ini dalam novel nubuatan baru dari rumah penerbit Tyndale, yang berjudul “The Last Disciple”. Gary DeMar, John Noe, Ken Gentry Jr., Samuel Frost, Kurt Simmons, dan banyak lainnya mengajarkan gagasan ini. Bagi paham Preterist, binatang itu sudah mati.

Sementara paham Preterist tumbuh besar, sejauh ini penafsiran yang paling populer didunia Kristen saat ini tetaplah paham "Futurist" yang tercermin dalam buku serial terlaris “Left Behind” (juga diterbitkan oleh Tyndale). Menurut Futurists, binatang itu masih berada di didepan – seorang monster yang hanya akan segera beraksi setelah “Pengangkatan Rahasia”. Pendukung utama paham futuris saat ini adalah Tim LaHaye, Tommy Ice, Jack Van Impe, John Hagee, Chuck Smith, Hal Lindsey, dan Irving Baxter Jr. Baik Preteris dan Futuris melihat binatang itu sebagai satu individu kejam; seorang yang jahat Perbedaan terbesar dari kedua paham itu adalah kapan waktu “Tuan Iblis” muncul. Jadi yang mana yang benar? Apakah binatang itu di masa lalu atau di masa depan? Atau apa dia sudah ada sekarang? Pegang kuat tempat dudukmu. Ini mungkin mengejutkan Anda, tapi sejak zaman Reformasi Protestan sampai akhir tahun1800an, sebagian besar pemimpin Protestan terpelajar sangat percaya bahwa binatang itu menggeram tepat di depan mereka. Didukung doktrin Martin Luther, Philip Melanchthon, John Calvin, John Knox, penerjemah dari King James Bible, John Wesley, Sir Isaac Newton, Uskup JC Rylie, Thomas Cranmer, Matthew Henry, Charles Spurgeon, Dr. Martin Lloyd- Jones, dan banyak lainnya. Ini bukan Preterists atau Futurists. Mereka termasuk dalam paham “Historist” (lihat Artikel Historist) yang artinya mereka melihat nubuatan dipenuhi sepanjang sejarah Gereja sampai Kedatangan Kedua Yesus Kristus.

Mari kesampingkan emosi, opini pribadi dan spekulasi, dan menyesuaikan pikiran kita dengan fakta-fakta yang solid, yang tidak diragukan dan bukti yang tak terbantahkan. Binatang itu keluar dari laut (13: 1), tampak seperti singa, beruang, dan macan tutul (13: 2), memiliki sepuluh tanduk (13: 1), mulut yang mengucapkan hal-hal besar (13: 5), berperang melawan Orang-orang kudus (13: 7), dan mencapai pengaruh global (13: 7). Daniel pasal 7 berbicara tentang hal yang sama, menggambarkan empat binatang yang naik dari laut (7: 1-3), seekor singa, beruang, macan tutul, dan binatang seperti naga dengan sepuluh tanduk (7: 4-7), sebuah tanduk kecil Dengan mata seperti manusia (7: 8), mulut yang mengucapkan hal-hal besar (7: 8), yang membuat peperangan melawan orang-orang kudus (7:21). Sebagian besar orang terpelajar setuju - baik Protestan maupun Katolik - tanduk kecil di kitab Daniel sama dengan binatang di Wahyu 13:1. Masing-masing memiliki mulut yang besar dan berperang melawan orang-orang kudus. Ini semua adalah fakta.

Inilah pertanyaan kunci: Apa/siapa binatang tersebut? : Seorang manusiakah? Sebuah Komputerkah? Alkitab menyediakan jawabannya. Seorang malaikat penafsir mimpi mengatakan kepada Daniel, "Keempat Binatang adalah kerajaan keempat di atas bumi" (Daniel 7:23). Jadi seekor binatang diartikan sebagai sebuah kerajaan. TITIK. Keempat binatang itu adalah empat kerajaan. Daniel tinggal pada masa Babel (7: 1), dan nyatanya, seekor singa bersayap adalah simbol dari kerajaan Babel. Sebagian besar ilmuwan setuju singa tersebut mewakili Babel, diikuti oleh Persia, kemudian Yunani, kemudian Roma. Ini adalah sejarah dasar. Roma jatuh pada tahun 476 Masehi dan terbagi di antara sepuluh negara utama - Vandal, Heruli, Ostrogoth, Visogoth, Frank, Anglo-Saxon, Suevi, Burgundia, Lombardia, dan Alemanni. Anda bisa membaca fakta sejarah bahwa 10 tanduk adalah 10 kerajaan di Eropa yang muncul setelah Roma terpecah. Nubuatan dengan jelas meramalkan "tanduk kecil" itu akan:

  • Bangkit dari binatang keempat, atau Kekaisaran Romawi (7: 7, 8)

  • Bangkit di antara sepuluh tanduk, di Eropa Barat (7: 8)

  • Memiliki mata seperti manusia, atau kepemimpinan manusia (7: 8)

  • Mempunya mulut yang berbicara hal-hal besar (7: 8)

  • Memerangi orang-orang kudus (7:21)

Dengan demikian urutannya adalah : Babel, Persia, Yunani, Roma, Roma terpecah menjadi 10 kerajaan, dan kemudian tanduk kecil yang sama dengan binatang keluar dari laut. Siapa tanduk ini? Nero!!! Teriak pendukung paham Preterists. "Antikristus masa depan!!" Teriak Futurist. Apa yang salah dengan gambaran tersebut? Jawabannya harus jelas. Preterists salah karena tanduk kecil (antikristus) memperoleh kekuatan setelah Roma terbagi menjadi sepuluh bagian. Nero datang 500 tahun terlalu cepat. Futuris gagal karena tanduk kecil itu mendapatkan kekuasaan segera setelah Kekaisaran Roma runtuh menjadi sepuluh bagian. Gagasan binatang akan datang di masa depan melewati 1500 tahun, menyembunyikan sejarah dunia di bawah meja dengan mengharapkan tanduk kecil itu bangkit hanya setelah orang Kristen lenyap diangkat dalam yang mereka sebut Pengangkatan Rahasia.

Masalah paham Preteris :

  • Singa (Babel)

  • Beruang (Persia)

  • Macan Tutul (Yunani)

  • Binatang mirip Naga (Roma)

  • Sepuluh tanduk (kejatuhan dan pembagian Roma)

  • Tanduk kecil (Kaisar Nero : ini tidak pas)

Kegagalan Futuris:

  • Singa (Babel)

  • Beruang (Persia)

  • Macan Tutul(Yunani)

  • Binatang mirip Naga (Roma)

  • Penyisipan jarak 1500 tahun, Gap jarak 1500 tahun sejarah dunia

  • Sepuluh tanduk (Kekaisaran Romawi dihidupkan kembali)

  • Tanduk kecil (antikristus masa depan)

Keakuratan paham Historist :

  • Singa (Babel)

  • Beruang (Persia)

  • Macan Tutul (Yunani)

  • Binatang mirip Naga (Roma)

  • Sepuluh tanduk (kejatuhan dan pembagian Roma)

  • Tanduk kecil (bangkit mendapatkan kekuatan di Eropa tepat setelah Roma jatuh)

Siapa tanduk kecil itu? Tanya Luther, Melanchthon, Wycliffe, Huss, Jerome, Calvin, Knox, Wesley, Newton, Rylie, Cranmer, Spurgeon, dan banyak lainnya. Bagi mereka, jawabannya sudah jelas. Mereka semua melihat kekuatan masa kini yang mulai dari kecil tapi kemudian tumbuh menjadi kekuatan segera setelah Roma jatuh, bangkit di Eropa Barat, memiliki mata seperti seorang manusia, mulut yang mengucapkan hal-hal besar, dan melakukan perang berdarah terhadap orang-orang kudus.

Sangat mudah untuk menulis buku fiksi tentang khayalan Antikristus masa depan atau yang sudah mati. Tapi untuk menulis karya non-fiksi tentang binatang masa kini yang sudah muncul, terutama yang saat ini memiliki pengaruh global-ini tidaklah mudah. Juga tidak secara politis benar. Namun pertanyaan yang Yesus Kristus minta agar kita renungkan adalah: Apa kebenarannya?

Artikel diatas diambil dan diterjemahkan dari White Horse Media atas ijin Steve Wohlberg, Direktur dan Pembicara White Horse Media.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

<-- artikel sebelumnya | artikel selanjutnya -->

75 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA