• Three Angels Media

Bagian 1 : Diangkat diam-diam?


Dongeng Pengangkatan Pengangkatan.

Bagian 1 : Diangkat diam-diam ?

Paul memprediksi, “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng”. 2 Tim 4:3-4.

Salah satu bagian paling kontroversial dalam Alkitab ditemukan dalam 1 Tesalonika 4:16,17. Saat ini, bagian dari firman ini ditafsirkan sebagai Pengangkatan rahasia pada awal periode tujuh tahun masa kesukaran/Kesengsaraan besar, yang kemudian akan diikuti oleh Kedatangan Kedua Yesus Kristus. Tujuan dari artikel singkat ini adalah untuk menunjukkan dengan jelas bahwa 1 Tesalonika 4:16,17 benar-benar merupakan deskripsi Kedatangan Kedua dari Tuhan kita, dan pada saat itulah orang yang benar-benar setia akan "tertangkap/terangkat”. Tapi apakah orang percaya diangkat secara rahasia?

Teori pengangkatan rahasia ini adalah salah satu pandangan dominan didunia Kristen saat ini. Salah satu Novel terlaris yang mendukung pandangan ini adalah serial “Left Behind” yang dikarang oleh Tim Lahaye dan Jerry Jenkins, dan masuk daftar “best seller’ oleh New York Times, Wall Street Journal, dan USA Today. Disebut sebagai Seri Fiksi Kristen yang paling sukses dengan penjualan hampir 80 juta eksemplar. Bukan hanya itu dari novel seri diangkat ke layar lebar dan ditonton jutaan orang di Amerika utara bahkan tersebar di seluruh dunia.

Buku-buku tersebut berisi novel fiksi yang memberikan gambaran yang mempesona tentang apa yang dipercaya banyak orang, akan terjadi pada akhir dunia ketika nubuatan-nubuatan Alkitab dalam buku Wahyu digenapi.

Novel Left Behind dimulai dengan lenyapnya jutaan orang Kristen secara tiba-tiba (peristiwa ini disebut Pengangkatan/Rapture). Umat manusia yang tersisa, “yang tertinggal”, dikejutkan oleh keadaan dunia yang kacau balau. Mobil-mobil tanpa pengemudi bertabrakan, pesawat tanpa pilot jatuh tanpa kendali, dan kepanikan universal melanda dunia sebagai akhir dari periode nubuatan yang disebut “Masa kesukaran/tribulasi”. Ditengah-tengah kekacauan yang tak terbayangkan, manusia misterius Nicolae Carpathia, mewakili Antikristus, bangkit menjadi pemimpin dunia dengan menjanjikan “kedamaian”. Carpathia mengambil alih Amerika Serikat dan dengan cepat mendirikan satu pemerintahan dunia. Namun tidak semua orang mau menjadi pengikutnya. Sekelompok umat Kristen baru yang tertinggal, menyebut diri mereka “Tribulation Force”, menyadari penyamaran Nicolae dan bertekad melawan kekuatan hipnotisnya. Akhirnya, sebagai usaha terakhir untuk mengontrol seluruh dunia, Carpathia membuat alat untuk menguji kesetiaan seseorang – suatu biochip berteknologi tinggi yang ditanamkan pada dahi dan tangan semua orang (disebut Tanda Binatang).

Pengarang buku, LaHaye dan Jenkins dengan tulus mengharapkan untuk menggugah para pembacanya agar segera memilih Yesus Kristus, sehingga mereka dapat pergi ke surga pada saat Pengangkatan, terhindar dari masa kesukaran, dan tidak perlu menghadapi Antikristus beserta tandanya (tanda binatang). Tidak diragukan bahwa jutaan hati telah tersentuh oleh proyek ini, orang-orang tersebut telah terpengaruh untuk memberikan hidup mereka kepada Yesus Kristus, Dan umat Kristen dimana saja telah dibawa untuk memikirkan lebih serius mengenai hari-hari akhir jaman dan kedatangan Tuhan. Bahkan banyak anak muda juga dijamah melalui Novel fiksi ini.

Meskipun produser film “Left Behind” adalah seorang Kristen yang tulus, bagaimanapun, kami merasa perlu untuk menanyakan dengan serius pertanyaan ini: Dibalik dari ketegangan kisah yang terkenal dan menakjubkan ini, apakah benar novel fiksi ini yang menggunakan aya-ayat firman Tuhan sebagai pendukungnya memang benar sesuai dengan Ajaran Suci ? Dapatkah fokus dari buku Left Behind ini terhadap hilangnya banyak orang percaya secara rahasia, juga ternyata menghilangkan kebenaran-kebenaran penting dalam Alkitab? Bahkan yang lebih parah, dapatkah awan penipuan yang tak terbayangkan menutupi dunia kekristenan? Tujuan dari buku ini adalah untuk melihat lebih dekat apa yang Tuhan katakan mengenai Pengangkatan (rapture) dan Antikris.

Paulus menulis : Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini. Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa “hari Tuhan” datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman--maka “tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan”, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin--mereka pasti tidak akan luput. Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. 1 Tesalonika 4:16 – 5:4.

Di sini Yesus turun dari surga, orang-orang percaya sejati ”tertangkap/terangkat keatas” bersama-sama, dan kehancuran mendadak (tiba-tiba) menimpa orang-orang yang terhilang. Semua ini terjadi pada "hari itu," yaitu "hari Tuhan". Kata-kata ini terjadi di dekat akhir surat pertama Paulus kepada orang Kristen Tesalonika awal. Paulus menulis surat kedua kepada orang-orang Kristen yang sama (di Tesalonika) yang mengajarkan hal yang persis sama. Dalam 2 Tesalonika 2:1, Paulus menulis kepada kelompok yang sama tentang “Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia“ (ini sebuah kesamaan yang sejalan dengan 1 Tesalonika 4:16, 17).

Tepat sebelum ini, di pasal satu, Paulus menulis tentang “pertemuan yang sama ini”. Setelah menggambarkan "penganiayaan dan kesengsaraan" yang dialami oleh orang-orang percaya awal ini, Paulus menulis : “ dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya, apabila “Ia datang pada hari itu” untuk dimuliakan di antara orang-orang kudus-Nya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, (sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai)”. 2 Tes 1:7-10.

Dengan membandingkan secara hati-hati maka terungkap bahwa ketiga bagian - 1 Tes. 4:16 - 5: 3; 2 Tes. 1:7-10; 2: 1 - menggambarkan “hari yang sama” ketika Yesus Kristus turun dari surga, ketika umat-Nya yang setia dikumpulkan, dan ketika kehancuran mendadak terjadi atas orang-orang yang terhilang/tidak percaya.

Ketika ketiga bagian disatukan, menjadi jelas bahwa Yesus datang dengan (perhatikan urutannya): sebuah seruan/teriakan, suara, sangkakala, dengan para malaikat yang perkasa, dan dalam api yang menyala-nyala untuk menangkap/mengangkat keatas orang percaya sejati dan untuk menghancurkan yang terhilang/tidak percaya. Sekali lagi, 1 Tesalonika 4:16-5: 3, 2 Tesalonika 1:7-10 dan 2 Tes 2:1, semua menggambarkan kejadian yang sama yaitu Kedatangan Kedua Yesus Kristus. Jelas, pada saat inilah gereja-Nya akan "diangkat." Jika Anda tidak yakin, cukup baca sendiri di Alkitab Anda sendiri.

Perhatikan kata-kata kunci kedatangan Yesus kedua:

  • Sebuah teriakan/seruan. Bukan seruan biasa ini seruan dari penghulu malaikat,

  • Ada suara. bukan diam-diam atau rahasia

  • Sangkakala. Pernankah ada mendengar suara sangkakala? Kencang bukan? Apalagi ini Terompet yang ditiup oleh para malaikat yang perkasa.

Ada yang bilang ini adalah ayat yang paling BERISIK di alkitab (teriakan, suara, terompet), saking kuatnya suara ini, sehingga orang percaya yang telah mati sepanjang sejarah manusia terbangun dari “tidurnya”, bangkit dan terangkat ke udara. Dengan membandingkan ayat-ayat tersebut diatas, jelas tidak ada yang “rahasia”, jelas tidak ada Pengangkatan rahasia, pengangkatan tidak terjadi secara diam-diam. Semua orang di bumi akan tahu bahwa Yesus dan para malikatnya datang dan tahu tentang pengangkatan. Firman Tuhan tidak merahasiakan ciri-ciri Pengangkatan, jelas dan gamblang. Siapa aktor dibalik ajaran Pengangkatan rahasia ini? Siapa lagi kalo bukan si jahat, si bapa segala dusta yang modus operasionalnya mencoba mencampur ajaran alkitab dengan manusia, bahkan setan selalu mengutip ayat firman untuk meyakinkan bahwa ini sesuai dengan ajaran asli firman Tuhan.

Seirama dengan Paulus, Rasul Petrus memperingati jemaat untuk tidak mempercayai guru-guru palsu, dongeng-dongeng isapan jempol manusia, cerita-cerita yang dibuat untuk mencari untung.

Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya. 2 Pet 1:16

Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda. 2 Pet 2:3

Ternyata seperti adegan di buku atau film seri fiksi “left behind” , Pengangkatan Rahasia orang percaya yang terjadi diam-diam hanya merupakan DONGENG semata, yang tidak memiliki dasar Firman.

Teman-teman pembaca, jangan mau disesatkan, Alkitab sudah memprediksi penipuan seperti ini, dan penipuan ini akan semakin kuat menjelang kedatangan Tuhan Yesus kedua. Tapi syukur kepada Allah, ada pada kita kesaksian para nabi, dan para rasul, ada pada kita Alkitab yang sangat jelas dan tidak ada kontradiksi didalamnya, dan barangsiapa mendengar dan melakukannya anda akan berbahagia. Jauhkan diri anda dan anak-anda dari ajaran manusia dan berpalinglah kepada Ajaran Murni Yesus Kristus.

Bersambung..

Artikel diatas diambil dan diterjemahkan dari White Horse Media atas ijin Steve Wohlberg, Direktur dan Pembicara White Horse Media.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

<-- artikel sebelumnya | artikel selanjutnya -->

127 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA