• Three Angels Media

Pelajaran 2 - Apakah Tuhan Menciptakan Setan?


Mayoritas orang di dunia saat ini sedang tertipu oleh makhluk jahat yang sangat pintar yang bertujuan membinasakan mereka – sesosok “dalang” jenius yang disebut Setan atau Iblis. Tapi Raja Kegelapan ini jauh lebih hebat dibanding apa yang mungkin Anda pikirkan. Banyak orang bilang dia hanya tokoh dongeng, tapi Alkitab mengatakan bahwa dia betul-betul ada, dan dia sedang menipu dan menjerat keluarga-keluarga, gereja-gereja, dan bahkan negara-negara, untuk menciptakan lebih banyak penderitaan di dunia ini. Berikut adalah fakta mencengangkan dari Alkitab tentang raja kegelapan dan bagaimana anda dapat mengalahkanya!

1. Siapakah yang pertama kali berdosa diseluruh alam semesta ? “…Iblis berbuat dosa dari mulanya.”(1 Yohanes 3:8). “naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia,” (Wahyu 12:9).

Jawaban: Setan, yang juga disebut Iblis adalah pencipta dosa dan kejahatan. Tanpa kata-kata Tuhan di dalam Alkitab, asal mula kejahatan di alam semesta takan pernah diketahui.

2. Siapakah nama Setan sebelum dia berdosa? Dimanakah dia tinggal sewaktu itu?

“Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai bintang timur, putera fajar, engkau sudah di pecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! ” (Yesaya 14:12).

Yesus berkata, “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.” Lukas 10:18.

“Yang berjaga, di gunung kudus Tuhan engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercaha-cahaya.”Yehezkiel 28:14.

Jawab: “Namanya adalah lucifer, dan dia tinggal di sorga. Lucifer dilambangkan dengan Raja Babel di Yesaya 14 dan Raja Tirus di Yehezkiel 28.

3. Seperti apa asal usul Lucifer, apa posisinya, bagaimana Alkitab menggambarkan dia?

“… Pada hari penciptaanmu.” “…Sejak hari penciptaanmu.” Yehezkiel 28:13, 15. “Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, … “Yehezkiel 28:14.

“Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah…. segala batu yang berharga …Engkau tak bercelah di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. ” Yehezkiel 28:12-15.

Jawab: Lucifer di ciptakan Tuhan, sama seperti semua malaikat lainnya (Efesus 3:9). Lucifer adalah kerub “yang berjaga” atau menaungi. Kerub adalah jabatan tertinggi di antara para malaikat, karena menaungi Sorga. Satu kerub berdiri di sebelah kiri Tahta Tuhan, dan satu lagi di sebelah kanannya. (Mazmur 99:1). Lucifer adalah salah satu malaikat tertinggi itu. Ketampanannya sempurna. Kecemerlangannya sangat menyilaukan. Yehekiel 28:13 menyiratkan bahwa tenggorokan Lucifer diciptakan khusus oleh Tuhan agar Lucifer menjadi penyanyi dan pemusik yang sangat hebat. Beberapa orang berpendapat bahwa dia memimpin paduan suara malaikat.

4. Apa yang terjadi di dalam hidup Lucifer yang menuntunnya ke dalam dosa? Dosa besar apa yang dilakukannya?

“Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kau musnakan demi semarakmu…” Yehezkiel 28:17. “

Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu… aku hendak mendirikan tahtaku mengatasi bintang-bintang… hendak menyamai yang Maha Tinggi!” Yesaya 14:13,14.

Jawab: Kesombongan, kecemburuan, ketidakpuasan, dan keinginan untuk meninggikan diri muncul dalam hatinya. Lucifer juga mempunyai maksud untuk menggulingkan Tuhan dari takhtaNya dan menuntut agar semua makhluk ciptaan Tuhan menyembah dirinya saja. Ini adalah pengkhianatan yang paling parah di alam semesta.

Catatan : Kenapa ibadah (penyembahan), itu sangat penting? Karena ibadah adalah faktor kunci dalam pertentangan besar antara Tuhan dan Setan. Untuk menjadi manusia yang sukacitanya berkelimpahan dan seutuhnya manusia harus menyembah Tuhan, dan seperti itulah adanya kita diciptakan. Bahkan malaikat suci pun tidak boleh disembah (Wahyu 22:8, 9). Setan selalu mengusahakan agar dirinya disembah sejak penciptaan bumi ini. Berabad-abad sesudahnya, sewaktu dia mencobai Yesus di padang belantara, ibadah masih merupakan masalah utama (Matius 4:8-11). Di zaman akhir ini, Tuhan sedang memanggil semua bangsa agar menyembah-Nya (Wahyu 14:6,7), ini sangat memicu kemarahan Iblis sehingga dia akan mencoba untuk memaksa manusia untuk menyembahnya, dengan ancaman hukuman mati (Wahyu 13:15). Semua orang menyembah sesosok makhluk atau sesuatu hal: kekuasaan, nama baik, makanan, kesenangan dunia, benda-benda (harta milik), pendapatnya sendiri, dan lain-lain.

Tuhan berkata, “Jangan ada padamu tuhan lain di hadapan-Ku.” (Keluaran 20:3). Dan kalau kita tidak menyembah Dia seorang, di mata-Nya kita sedang melawan Dia (Matius 12:30). Berita ini mungkin sangat mengejutkan bagi Anda, tapi benar. Jika sesuatu atau sesosok makhluk selain Tuhan mendapat tempat pertama dalam hidup saya, saya sedang – barangkali tanpa sadar menyembah Setan dan mendukungnya. Apakah Tuhan mendapat tempat pertama dalam hidup saya, atau apakah saya tanpa sadar meninggikan Setan? Ini pertanyaan yang membangunkan kita dari tidur rohani, bukan?

Ketidakpuasan dalam hati Lucifer berubah menjadi pemberontakan terbuka melawan Tuhan. Sepertiga malaikat suci bergabung dengannya dalam sebuah usaha kudeta untuk menggulingkan Tuhan dari tahta-Nya. Akibatnya Lucifer dan para pengikutnya diusir dari Sorga diantara bintang-bintang dan dibuang kebumi.

5. Apa yang terjadi di sekitar Sorga sebagai akibat pemberontakan Lucifer?

“Maka timbullah peperangan di Sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di Sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau, Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” (Wahyu 12:7-9).

Jawab: Lucifer mendapat dukungan sepertiga dari seluruh malaikat suci (Wahyu 12:3,4) dan menimbulkan pemberontakan di dalam Sorga. Tuhan tidak mempunyai pilihan lain kecuali membuang Lucifer dan malaikat-malaikatnya. Ini adalah pertempuran yang paling hebat di alam semesta. Tujuan Lucifer adalah untuk merampas takhta Tuhan, walaupun hal itu mungkin menyeretnya ke dalam pembunuhan (Yohanes 8:44). Sesudah pembuangannya dari Sorga, Lucifer disebut Setan (artinya Sang Musuh/Lawan) dan Iblis (artinya Pencemar / Pemfitnah), dan malaikat-malaikatnya disebut malaikat-malaikat setan.

6. Dimanakah markas Setan sekarang ini? Bagaimana pendapatnya tentang manusia?

” “Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Dari mana engkau?” Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi.” (Ayub 2:2).

“… celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.” (Wahyu 12:12).

“Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5:8).

Jawab: Menurut pendapat umum, markas setan adalah neraka di bawah permukaan bumi. Itu salah. Markas setan sebenarnya ada diatas permukaan bumi, di alam nyata dimana manusia hidup. Tuhan memberikan Adam dan Hawa kekuasaan atas seluruh bumi (Kejadian 1:26). Waktu mereka berdosa, kekuasaan itu secara otomatis beralih ke Setan (Roma 6:16), yang kemudian menjadi penguasa dunia ini (Yohanes 12:31). Setan sangat membenci manusia, yang diciptakan dalam gambar dan rupa Tuhan. Setan tidak bisa membunuh Tuhan. Jadi sebagai gantinya, serangannya diarahkan pada manusia yang merupakan ciptaan Tuhan. Dia adalah pembunuh kejam yang sangat membenci kita dan bertujuan untuk membinasakan kita, dan dengan cara demikian menyakiti hati Tuhan.

Adam dan Hawa tidak boleh memakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat; kalau mereka memakannya mereka akan mati.

7. Waktu Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, apa satu-satunya hal yang dilarang-Nya? Apa hukumannya bila mereka melanggar?

“Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati. ” Kejadian 2:17.

Jawab: Mereka tidak boleh memakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Hukuman bila mereka memakannya adalah kematian.

8. Makhluk apa yang digunakan Setan sebagai perantara untuk menipu Hawa? Kebohongan apa yang dikatakan Setan pada Hawa?

“Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh Tuhan Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allahi berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan; buahnya, bukan?” “Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” Kejadian 3:1,4,5.