• Three Angels Media

Bab 3 : Seluruh Israel Akan diselamatkan? Kebenaran tentang 2 macam Israel.


Kebenaran Tentang Israel.

Seluruh Israel akan diselamatkan ? Kebenaran tentang 2 macam Israel.

Roma 11:26 mengatakan, "seluruh Israel akan diselamatkan." Apa artinya ini? Jelas, bukan berarti setiap orang Yahudi akan diselamatkan. Sebenarnya, di pasal yang sama Roma 11 mengatakan bahwa Tuhan berharap untuk "menyelamatkan beberapa dari mereka" (ayat 14). Yudas adalah seorang Yahudi, namun kita tahu dia terhilang karena mengkhianati Kristus. Yesus memanggilnya, "anak kebinasaan" (Yohanes 17:12). Yesus sendiri mengatakan kepada banyak orang Yahudi, "Jika kamu tidak percaya, bahwa Akulah (Mesias), kamu akan mati dalam dosamu" (Yohanes 8:24). Tidak setiap orang Yahudi percaya kepada Yesus Kristus, sehingga banyak orang akan "mati dalam dosa-dosa mereka" dan terhilang. Banyak orang Kristen saat ini menafsirkan Roma 11:26 yang menerapkan pada akhir tujuh tahun masa kesukaran ketika Yesus muncul di awan pada Kedatangan-Nya yang Kedua (baca ilusi 7 tahun masa kesukaran). Dengan kata lain, mereka tidak menerapkan ayat tersebut kepada semua orang Yahudi sepanjang sejarah, namun hanya khusus untuk "semua orang Yahudi" yang hidup pada akhirnya yang bertahan pada tujuh tahun masa kesukaran. Ini yang menurut pemikiran banyak orang Kristen yang kan terjadi, yaitu pada akhir masa kesusahan, semua orang Yahudi yang tersisa di tanah Israel akan melihat ke atas, melihat Kristus datang di awan, menyadari bahwa Dia adalah Mesias sejati, kemudian percaya kepada-Nya, dan dengan demikian "Semua orang Israel akan diselamatkan." Ini adalah ajaran palsu, seperti yang akan saya coba tunjukkan.

1. Pertama, konteks Roma 11 bukanlah Kedatangan

2. Sebab Allah tidak memandang bulu, tidak perduli apa kebangsaan mereka" (di kitab yang sama Roma 2: 5-11).Kepercayaan seperti diatas akan menjadi tindakan keberpihakan untuk menyelamatkan "semua orang Yahudi" yang masih hidup bertahan di 7 tahun masa kesusahan, tapi tidak "semua orang Yahudi" dalam sejarah. Idenya adalah, "Ketika semua orang Yahudi akhir melihat Kristus datang di awan, maka mereka akan percaya." Tetapi ini akan memberi orang-orang Yahudi yang tersisa kesempatan untuk percaya kepada Yesus Kristus yang belum pernah dimiliki orang Yahudi masa lalu. Ini juga tidak adil bagi "semua orang bukan Yahudi" yang hidup pada akhirnya. Mengapa Tuhan menyelamatkan semua orang Yahudi pada akhirnya tapi tidak semua orang bukan Yahudi? Semua orang bukan Yahudi juga akan melihat Yesus datang seperti semua orang Yahudi.

3. Saat Kristus akhirnya muncul di awan, SUDAH TERLAMBAT UNTUK PERCAYA KEPADA DIA. Wahyu 22: 11,12 mengatakan bahwa sebelum Dia datang di awan, semua keputusan telah dibuat. Yesus mengatakan bahwa hal itu akan seperti hari Nuh (Mat 24: 37-39). Pada hari pintu bahtera Nuh ditutup sebelum air bah datang (Kejadian 7:16). Saat banjir datang, sudah terlambat. Untuk menyelamatkan semua orang Yahudi di KEDATANGAN KEDUA YESUS, akan seperti menyelamatkan semua orang yang berada di luar bahtera SAAT HUJAN MULAI TURUN. Ini tidak lah mungkin, pintu Anugerah Tuhan telah tertutup. Ini bertentangan dengan Alkitab dan yang dikatakan Yesus sendiri.

4. Ketika Yesus datang di dalam awan, inilah saat penghakiman bagi semua orang yang tidak beriman yang tidak mengenal Allah dan tidak menuruti Injil (2Tesalonika 1: 7-10; Yudas 14,15).

Jadi apa artinya ini, "Seluruh orang Israel akan diselamatkan"? Pertama-tama, Roma 9:6 mengatakan ada dua Israel. “Tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel.”

Yang pertama adalah Israel menurut daging/jasmani (Roma 9: 3,4) dan yang kedua adalah Israel milik Allah (Galatia 6: 14-16). Israel dari Allah terdiri dari orang Yahudi dan orang bukan Yahudi yang percaya kepada Yesus Kristus (Galatia 3:29). Orang-orang bukan Yahudi yang percaya dicangkokkan masuk kedalam Pokok Anggung (Yesus). Mereka menjadi bagian dari "tubuh yang sama" dengan orang-orang Yahudi yang percaya (Efesus 3: 6). Paulus menyebut kesatuan orang percaya Yahudi dan bukan Yahudi ini, "misteri Kristus" (Efesus 3: 4). Konteks langsung dari Roma 11:26 adalah ayat 25. "sampai kepenuhan bangsa-bangsa lain telah masuk, maka seluruh Israel akan diselamatkan." Atau, tepatnya, "dan AKHIRNYA seluruh Israel akan diselamatkan." Dengan kata lain, jumlah kepenuhan bangsa-bangsa lain yang dicangkokkan (yang menerima Injil) dan dimasukkan akan menghasilkan "seluruh Israel" diselamatkan. Gagasan Paulus tampaknya adalah bahwa ketika bangsa-bangsa lain telah masuk, yang telah dicangkokkan ke dalam Pokok Anggur (Yesus), mereka disatukan dengan orang-orang Yahudi yang juga telah menjadi orang percaya, akan membentuk jumlah total yang diselamatkan. Paulus juga mengungkapkan bahwa ketika orang-orang bukan Yahudi masuk/dicangkokkan, Tuhan dapat menggunakan ini untuk memotivasi beberapa orang Yahudi untuk percaya (ayat 11 & 14). Ayat 25 menyebut penggabungan tersebut sebagai, "misteri," yang telah kita buktikan sebagai "misteri" orang Yahudi dan orang bukan Yahudi yang dipersatukan dalam satu tubuh melalui Kristus (Efesus 3: 4,6).

Ayat 27 mengatakan bahwa semuanya diselamatkan karena Kristus menghapuskan dosa-dosa mereka melalui perjanjian-Nya, yang pastinya merupakan Perjanjian Baru, yang berlaku bagi semua orang percaya, Yahudi dan bukan Yahudi. Dengan demikian "seluruh Israel" yang diselamatkan adalah kelompok total orang percaya yang terdiri dari bangsa-bangsa lain dan orang Yahudi. "Seluruh Israel akan diselamatkan" tidak berlaku untuk semua orang Yahudi sepanjang sejarah, juga tidak dapat diterapkan pada kelompok terpilih yang menjadi ORANG PERCAYA INSTAN ketika Yesus Kristus datang dari langit. Pada saat itu, sudah terlambat untuk percaya.

Kebohongan yang satu akan menuntun kepada kebohongan lain. berpeganglah teguh kepada kitab para nabi dan para rasul. mereka tidak bertentangan, karena diinspirasi dari satu Roh Kudus. Tidak terlambat untuk sekarang kita percaya kepada Injil yang benar, supaya kita dicangkokkan kedalam Yesus Pokok Anggur Yang Benar dan masuk dalam bagian Israel yang akan diselamatkan.

Bersambung..

Artikel diatas diambil dan diterjemahkan dari White Horse Media atas ijin Steve Wohlberg, Direktur dan Pembicara White Horse Media.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

<-- artikel sebelumnya | artikel selanjutnya -->

104 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA