• Three Angels Media

27 Okt 2017: Jaminan Ganda Kita

“Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia” (1 Yohanes 3:1).

Pernyataan apakah yang dapat menerangi hari anda – apakah itu adalah suatu kepastian untuk membawa anda pada harapan dan motivasi? Perhatikan kutipan ini: “Tabiat itu akan nyata bukan dengan perbuatan-perbuatan baik yang kadang-kadang dan perbuatan-perbuatan buruk yang kadang-kadang pula, melainkan dengan kecenderungan perkataan dan perbuatan setiap hari” (Kebahagiaan Sejati, hlm. 66). Dan mengapakah hal ini sangat luar biasa? Karena itu berbicara tentang suatu perlindungan “ganda” yang berhubungan dengan pertobatan. Pertama, kita diberikan (diperhitungkan) memiliki karakter Kristus dan dengan tindakan itu, kita diterima oleh Bapa. Kedua, kualitas dari pola hidup kita, penurutan kita, tidak dinilai dari berapa sering kita jatuh dan cemas sehingga membuat kita merasa bersalah, tetapi  melalui pola hidup kita.

Apakah artinya perbuatan buruk? Makan yang terlalu banyak dan terlalu cepat, bekerja terlalu keras atau terlalu lama, menghakimi orang lain, iri hati, sombong, gampang lupa, membicarakan orang lain, mendengarkan dan mengatakan hal yang tidak pasti, gagal untuk tetap teguh pada saat krisis, memamerkan kasih, menyia-nyiakan waktu dan uang, kehilangan semangat hidup, memamerkan kesombongan, “sedikit berbohong untuk kebaikan,” tidak menguduskan Sabat, mementingkan diri sendiri untuk kehendak kita, berbuat baik untuk mendapat balasan, dan tutup mata kepada keadaan orang yang miskin dan sangat membutuhkan. Hal-hal ini adalah cara yang sering kita salah mengerti. Perwakilan Tuhan tidak pernah kenal Lelah – Malaikat-malaikat kudus selalu yang memperhatikan, “Dia mengetahui semua yang kita lakukan dan mendengar semua yang kita katakan” – dan mencatat semuanya itu.

Meskipun demikian, kabar baiknya adalah, jika kita tanpa kenal Lelah telah berdoa dengan sungguh-sungguh, percaya dan menurut, dengan mengakui segala dosa kita, kita tidak akan, dikucilkan dari keluarga Tuhan. Fakta bahwa Dia mengerti siapa kita dan mengetahui bahwa kita adalah debu dan penilaian kita “tidak pernah sempurna”  bertumbuh dalam terang dan perlindungan Kristus yang kudus (bukan daftar perbuatan baik dan buruk) adalah sebagai motivasi yang menakjubkan.

Meskipun mencoba sungguh-sungguh, Yohanes kekasih tidak menemukan Bahasa yang lebih indah untuk menggambarkan belas kasihan Tuhan. Frustrasi dalam upayanya itu, dia meninggalkan usahanya untuk mencari kata-kata terbaik dan berseru dengan penuh penyerahan tetapi sangat kagum,” Lihatlah, besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita” (1 Yohanes 3:1).

Dia (Yohanes), yang melihat kasih Kristus lebih dalam dari orang lain, tidak dapat menemukan bahasa yang memuaskan tentang kasih karunia Tuhan – dan kita juga tidak akan dapat. Meskipun demikian, sebagaimana yang dikatakan di dalam Alkitab, kita dapat “diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya” (lihat 2 Korintus 3:18). Perasaan yang mendalam ini adalah suatu perjalanan seumur hidup, perintah dan jaminan untuk kita pada hari ini dan setiap hari.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.