• Three Angels Media

Pelajaran 8 - Kelepasan yang Terakhir


Ini bukan dongeng. Suatu hari nanti, Anda akan bebas dari semua rasa sakit, rasa lapar, kesendirian, kejahatan, dan kekacauan yang sementara menginfeksi dunia saat ini. Indah bukan? Tetapi bukan para pemimpin dunia yang akan memberikan hal itu kepada Anda, yang akan memberikan itu kepada anda orang yang jauh lebih hebat. Yesus akan datang segera, tetapi ada begitu banyak kesalahpahaman mengenai bagaimana Dia akan datang. Karena itu ambilah beberapa waktu sebentar untuk memahami apa yang sebenarnya Alkitab katakan tentang kedatangannya yang kedua sehingga Anda tidak akan tertinggal.

1. Apakah kita yakin Yesus akan kembali kedunia ini untuk kedua kalinya?

“Kristus… akan… menyatakan diri-Nya sekali lagi.” Ibrani 9:28.

“Dan apabila Aku telah pergi kesitu dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali.” Yohanes 14:3.

Jawab: Ya! Dalam Matius 26:64, Yesus mengatakan bahwa Ia akan datang kembali ke dunia. Karena Kitab Suci tidak dapat dibatalkan (Yohanes 10:35), ini merupakan bukti yang pasti. Jaminan pribadi dari Kristus sendiri. Selain itu Yesus sudah memenuhi nubuatan mengenai kedatangannya yang pertama, jadi kita bisa yakin bahwa Dia akan memenuhi nubuatan mengenai kedatangan yang keduanya juga!

2. Dengan cara bagaimana Yesus akan datang kedua kali?

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Kisah 1:9-11

Jawab: Alkitab berjanji bahwa Yesus akan kembali ke bumi ini dalam cara yang sama seperti saat kenaikan-Nya; terlihat, literal, hidup-hidup, dan secara pribadi. Matius 24:30 Berkata, “Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.” Dia akan datang dalam awan-awan secara literal, sebagai makhluk pribadi dengan daging dan tulang (Lukas 24:36-43, 50, 51). Kedatangan-Nya akan terlihat dengan jelas.

3. Akankah kedatangan Kristus yang kedua kali dapat dilihat oleh semua orang atau hanya untuk kelompok yang terpilih?

“Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan; dan setiap mata akan melihat Dia.” Wahyu 1:7.

“Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.” Matius 24:27

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit” 1 Tesalonika 4:16

Jawab: Setiap pria, wanita, dan anak-anak yang tinggal di bumi saat Yesus kembali akan melihat Dia pada kedatangan-Nya yang kedua. Cahaya kedatangannya akan memancar dari cakrawala ke cakrawala, dan langit akan dipenuhi dengan cahaya kemuliaan seperti kilat. Tidak ada yang dapat bersembunyi. Peristiwa ini akan sangat luar biasa dimana nantinya setiap orang mati akan dibangkitkan.

Catatan : Semua orang akan tahu saat kedatangan yang kedua terjadi. Beberapa orang menggunakan 1 Tesalonika 4:16 untuk menjelaskan bahwa akan terjadi pengangkatan rahasia, dimana orang yang selamat akan hilang dengan diam-diam dari muka bumi, tetapi sebenarnya ayat tersebut adalah ayat yang paling “berisik” di dalam alkitab: Tuhan berfirman dengan keras, suara terompet yang besar, dan orang-orang mati dibangkitkan! Kedatangan yang kedua bukanlah suatu peristiwa yang sepi, dan bukan juga kedatangan kedua secara roh didalam hati. Kedatangan kedua itu juga tidak terjadi pada saat kematian seseorang, dan juga bukanlah suatu kiasan. Semua teori ini berasal dari manusia, tetapi Alkitab berkata dengan jelas bahwa kedatangan yang kedua adalah literal, mendunia, terlihat, dan Yesus akan berada di awan-awan secara fisik.

4. Siapa yang akan datang bersama dengan Yesus pada kedatangan-Nya yang ke dua, dan mengapa?

“Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.” Matius 25:31

Jawab: Semua malaikat disurga akan datang bersama Yesus pada kedatangan-Nya yang kedua. Ketika awan terang mendekati bumi, Yesus akan mengirim Malaikat-Nya dan mereka akan dengan cepat mengumpulkan semua orang benar untuk perjalanan ke surga. (Matius 24:31)

5. Apa tujuan dari kedatangan Yesus kedua kali di bumi?

“Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.” Wahyu 22:12.

“Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” Yohanes 14:3.

“Dan Ia akan mengutus Yesus Kristus…. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, ” Kisah Para Rasul 3:21,22.

Jawab: Yesus akan datang kembali ke dunia ini untuk menyelamatkan umat-umatnya seperti yang Dia janjikan, dan untuk membawa mereka ke rumah yang indah yang telah Dia sediakan bagi mereka.

6. Apa yang akan terjadi kepada orang-orang benar ketika Yesus datang ke dua kali?

“maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 1 Tesalonika 4:16,17.

“kita semuanya akan diubah… orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa,” 1 Korintus 15:51-53.

“kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia,” Filipi 3:20,21.

Jawab: Orang yang semasa hidupnya menerima Yesus tetapi sudah meninggal akan dibangkitkan dari kuburnya, mereka akan diberikan tubuh yang sempurna dan abadi, dan diangkat ke awan untuk bertemu Tuhan. Orang-orang benar yang masih hidup juga akan diberikan tubuh yang baru dan akan diangkat untuk bertemu Tuhan di angkasa. Dan Yesus akan membawa orang-orang benar itu ke Surga.

Catatan: Ingat bahwa Yesus tidak menyentuh bumi saat kedatangan-Nya yang kedua. Orang-orang suci akan bertemu dengan-Nya di angkasa. Jadi umat-umat Tuhan, jangan tertipu dengan adanya kabar yang mengatakan: Kristus ada di London, New York, Moskow, atau dimanapun di Bumi ini. Kristus-kristus palsu akan muncul dan membuat keajaiban-ajaiban di bumi (Matius 24:23-27), tetapi Yesus yang sesungguhnya akan tetap tinggal di awan di atas bumi pada kedatangan-Nya yang kedua.

7. Apa yang akan terjadi kepada orang jahat ketika Yesus kembali?

“dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.” Yesaya 11:4.

“Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi.” Yeremia 25:33.

Jawab: Orang yang selalu bergantung kepada dosa-dosanya akan binasa dari cahaya kemuliaan Yesus.

8. Bagaimana efek dari kedatangan Yesus kedua kali bagi bumi?

“dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.”

“Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.” Wahyu 16:18,20.

“Aku melihat, ternyata tanah subur sudah menjadi padang gurun, dan segala kotanya sudah runtuh di hadapan TUHAN, di hadapan murka-Nya yang menyala-nyala!” Yeremia 4:26.

“TUHAN akan menanduskan bumi dan akan menghancurkannya,” “Bumi akan ditanduskan setandus-tandusnya, dan akan dijarah sehabis-habisnya,” Yesaya 24:1,3

Jawab: Bumi akan dicengkam oleh gempa bumi yang dahsyat pada kedatangan Tuhan yang kedua. Gempa ini akan sangat merusak sehingga dunia akan menjadi rusak total.

9. Apakah Alkitab memberikan informasi yang spesifik tentang kapan kedatangan Kristus yang kedua?

Jawab: Ya! Yesus sendiri berkata, “Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.” Matius 24:33. Yesus menunjukkan banyak tanda dari sejak Dia terangkat sampai nanti kedatangan-Nya yang kedua. Mari kita coba lihat dibawah:

A. Kehancuran Yerusalem

Nubuatan: “sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.” “maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.” Matius 24:2,16.

Penggenapan : Yerusalem dihancurkan pada tahun 70 M oleh pahlawan Roma, Titus.

B. Penganiayaan hebat, atau kesengsaraan

Nubuatan : “Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.” Matius 24:21

Penggenapan: Nubuatan ini menunjuk terutama pada kesengsaraan yang terjadi pada Zaman Kegelapan yang diprakarsai oleh orang-orang yang murtad dari pengajaran gereja. Hal ini berlangsung selama lebih dari 1.000 tahun. Lebih dari 50 juta orang Kristen dibunuh oleh gereja yang sesat, yang dimana gereja ini “telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah lebih banyak dari pada lembaga lain yang pernah ada diantara manusia” W.E.H. Lecky, History of the Rise and Influence of the Spirit of Rationalism in Europe, (Reprint New York: Brasiller, 1955) Vol.2,pp. 40-45.

C. Matahari menjadi gelap

Nubuatan : “Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap” Matius 24:29

Penggenapan : Ini digenapi pada hari kegelapan yang terjadi secara supranatural pada tanggal 19 Mei 1780. Dan itu bukanlah gerhana. Seorang saksi mata mengatakan: “19 Mei 1780 adalah hari yang luar biasa gelapnya. Lilin-lilin dinyalakan di rumah-rumah, burung-burung diam dan menghilang. Pendapat umum saat itu adalah bahwa hari penghakiman sudah dekat.” Connecticut Historical Collection, Koleksi disusun oleh John Warner Barber (2nd ed. New Heaven: Durrie & Peck and J.W. Barber, 1836) p. 403

D. Bulan menjadi darah

Nubuatan : “Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.” Yoel 2:31

Penggenapan : Bulan menjadi merah seperti darah di malam hari pada saat hari gelap tanggal 19 Mei 1780. Salah seorang pengamat berkata dalam buku Stone’s History of Massachusetts “Bulan yang saat itu sedang purnama, memiliki penampilan merah seperti darah ”

E. Bintang-bintang berjatuhan dari langit

Nubuatan : “bintang-bintang akan berjatuhan dari langit” Matius 24:29

Penggenapan : Hujan bintang skala besar terjadi pada malam 13 November 1833. Malam itu menjadi sangat terang sehingga kita bisa membaca koran dijalan. Orang-orang mengira bahwa akhir zaman sudah tiba. Perhatikanlah tanda ini, ini adalah sesuatu yang menakjubkan, suatu tanda dari kedatangan Kristus. Seorang penulis mengatakan, “Selama hampir empat jam langit benar-benar menyala dengan terang.” Peter A. Millman, “The Falling of the Stars,” The Telescope, 7 (May-June, 1940) 57

F. Yesus akan datang diawan-awan

Nubuatan : “Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.” Matius 24:30

Penggenapan: Ini adalah peristiwa besar berikutnya yang akan terjadi. Apakah Anda siap?

10. Bagaimana kita dapat mengetahui apakah kita sudah di hari-hari terakhir dari sejarah dunia ini? Apakah Alkitab memberikan gambaran mengenai keadaan dunia dan orang-orang yang hidup digenerasi terakhir?

Jawab: Ya. Lihatlah tanda-tanda berikut mengenai hari akhir zaman. Anda akan takjub. Dan ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya tanda yang menunjukkan bahwa kita sedang berada di penutupan dari sejarah dunia ini.

A. Peperangan dan Huru-hara

Nubuatan: “Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera.” Lukas 21:9

Penggenapan: Peperangan dan terrorisme menyengsarakan jutaan orang diseluruh dunia. Hanya kedatangan Yesus yang akan mengakhiri penderitaan dan kehancuran akibat perang.

B. Kerusuhan, ketakutan, dan pergolakan

“Dan akan ada tanda-tanda …. bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.” “Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini,” Lukas 21:25,26

Penggenapan: Ini adalah gambaran yang sangat akurat mengenai keadaan dunia saat ini dan dengan alasan yang sangat jelas: kita adalah orang-orang yang berada dihari-hari terakhir sejarah dunia ini. Seharusnya keadaan ini jangan mengejutkan kita. Kristus telah meramalkannya. Hal ini justru seharusnya meyakinkan kita bahwa kedatangan-Nya sudah sangat dekat.

D. Perkembangan Ilmu pengetahuan

Nubuatan: “sampai pada akhir zaman… pengetahuan akan bertambah.” Daniel 12:4

Penggenapan: Era informasi saat ini membuat hal ini sangat jelas sekali. Bahkan orang yang paling skeptis harus mengakui bahwa tanda ini telah tergenapi. Pengetahuan meledak kesegala arah ilmu pengetahuan: Obat-obatan, teknologi dan banyak bidang lainnya.

E. Pengejek-pengejek dan Orang-orang yang skeptis tentang agama

Nubuatan: “pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek” 2 Petrus 3:3

“orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, … Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.” 2 Timotius 4:3,4

Penggenapan: Tidak sukar melihat penggenapan nubuatan ini hari ini. Bahkan pemimpin-pemimpin agama menolak kisah penciptaan, air bah, KeIlahan Kristus, kedatangan Kristus kedua kali, dan banyak kebenaran penting lainnya dari Alkitab. Guru-guru sekuler mengajarkan orang-orang muda kita untuk mengejek Alkitab menggantikan kebenaran dengan evolusi dan segala bentuk ajaran-ajaran palsu buatan manusia dibandingkan dengan Firman Allah.

F. Penurunan moral dan kerohanian.

Nubuatan: “pada hari-hari terakhir… Manusia akan mencintai dirinya sendiri,….. tidak tahu mengasihi,, … tidak suka yang baik, … Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.” 2 Timotius 3:1-5

Penggenapan: Amerika sedang berada ditengah-tengah krisis kerohanian. Semua lapisan masyarakat membenarkan hal ini. Hampir 1 dari 2 pernikahan berujung pada perceraian. Generasi sekarang juga sudah berkurang minatnya untuk mempelajari Alkitab, dan ini juga sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan. Coba perhatikan berapa banyak dosa dihari-hari terakhir yang ada di 2 Timotius 3:1-5 yang akan anda temukan dalam surat kabar hari ini, sungguh mengejutkan. Hanya dengan kedatangan Tuhanlah maka gelombang kejahatan yang sekarang sedang melanda dunia bisa di patahkan.

G. Mencintai hawa nafsu.

Nubuatan: “pada hari-hari terakhir… Manusia akan … lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.” 2 Timotius 3:1-4

Penggenapan: Dunia sudah menjadi gila akan hawa nafsu. Hanya sebagian kecil warga kota-kota besar kita yang hadir di gereja secara teratur, tetapi ribuan memadati stadiun olahraga dan tempat hiburan lainnya. Amerika menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk bersenang-senang dan hanya kecil sekali yang digunakan untuk pekerjaan Tuhan. Orang-orang Amerika yang gila hiburan menghabiskan miliaran jam didepan TV demi mencari kepuasan duniawi, dan ini benar-benar menggenapi nubuatan dari 2 Timotius 3:4

G. Meningkatnya pelanggaran hukum, kejahatan, dan kekerasan

Nubuatan: “makin bertambahnya kedurhakaan” Matius 24:12.

“sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.” 2 Timotius 3:13.

“Sebab negeri itu penuh hutang darah dan kota itu penuh kekerasan.” Yeheskiel 7:23

Penggenapan: Sangat jelas bahwa tanda ini sudah digenapi. Pelanggaran hukum meningkat dengan kecepatan yang mengejutkan. Banyak orang merasa nyawanya terancam saat keluar dari rumahnya. Orang-orang merasa prihatin dengan nasib peradaban kita karena kejahatan dan terorisme melaju dengan cepatnya.

H. Bencana Alam dan kerusuhan

Nubuatan: “dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan,” Lukas 21:11

Penggenapan: Gempa bumi, angin puting beliung, dan banjir meningkat dengan dasyhat. Ribuan mati setiap hari karena kelaparan, penyakit, dan kekurangan air dan akses kepada obat-obatan. Semua merupakan tanda bahwa kita hidup di jam-jam terakhir bumi ini.

I. Sebuah pesan khusus kepada dunia untuk hari-hari terakhir

Nubuatan: “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” Matius 24:14

Penggenapan: Pesan dan peringatan terakhir mengenai kedatangan Kristus yang kedua kali sekarang telah sudah diterjemahkan ke hampir semua bahasa dunia. Sebelum kedatanganNya yang kedua setiap orang di dunia akan sudah diperingatkan.

J. Beralih ke spiritisme

Nubuatan: “di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan” 1 Timotius 4:1.

“Itulah roh-roh setan” Wahyu 16:14.

Penggenapan: Orang-orang sekarang ini, termasuk sejumlah besar kepala negara meminta nasihat dari orang-orang yang mempunyai kemampuan supranatural, orang-orang yang berbicara kepada roh, dan cenayang. Spiritisme juga sudah masuk ke gereja-gereja ditambah dengan ajarannya yang tidak Alkitabiah mengenai keabadian jiwa. Alkitab mengajarkan bahwa orang yang sudah mati itu mati. (Lihat Pelajaran 10 mengenai topik ini.)

K. Masalah pengusaha dan pekerja

Nubuatan: “Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan” “bersabar…, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!” Yakobus 5:4,8

Penggenapan: Masalah diantara para pengusaha dan pekerja diramalkan sebagai masalah yang akan terjadi di hari-hari terakhir. Apakah anda ragu-ragu kalau ini sudah digenapi?

11. Seberapa dekatkah kedatangan Tuhan yang kedua?

“Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.” Matius 24:32-34

Jawab: Alkitab sangat spesifik dan jelas mengenai hal ini. Hampir semua tanda-tandanya telah digenapi. Kita tidak tahu kapan hari dan jam kedatangan Kristus (Matius 24:36), tetapi kita bisa tahu bahwa waktunya sudah dekat. Allah telah berjanji untuk melakukannya dengan segera (Roma 9:28). Kristus akan datang kembali ke dunia untuk umat-umatnya segera. Apakah Anda sudah siap?

12. Setan sedang menyebarkan banyak kebohongan mengenai kedatangan Kristus yang kedua dan dengan keajaiban-keajaiban dan mukjizat-mukjizatnya Setan akan menipu jutaan orang. Bagaimana anda dapat memastikan bahwa anda tidak akan tertipu?

“Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib,” Wahyu 16:14.

“Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” Matius 24:24.

“Carilah hukum dan kesaksian; siapa yang tidak berbicara sesuai denga perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar” Yesaya 8:20

Jawab: Setan telah menciptakan banyak ajaran palsu tentang kedatangan kedua dan telah menipu jutaan orang untuk percaya bahwa Kristus sudah datang atau Dia akan datang dengan cara yang tidak Alkitabiah. Tetapi Kristus telah memperingatkan kita tentang strategi setan ini, Kristus mengatakan, ”Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” Matius 24:4. Dia kemudian memaparkan kepalsuan Setan sehingga kita bisa diperingatkan, dan Ia mengingatkan kita, “Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.” Matius 24:25. Sebagai contoh, Yesus menyatakan secara spesifik bahwa Dia tidak akan muncul dipadang pasir atau ditempat pemanggilan arwah (Ayat 26). Tidak ada alasan untuk tertipu jika kita mempelajari apa yang Allah ajarkan tentang kedatangan Kristus yang kedua kali. Orang-orang yang mengetahui apa yang Alkitab katakan tentang kedatangan kedua tidak akan disesatkan oleh setan. Yang lainnya akan tertipu.

13. Bagaimana saya bisa memastikan bahwa saya siap ketika Yesus kembali?

“barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.” Yohanes 6:37.

“Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah,” Yohanes 1:12.

“Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka,” Ibrani 8:10.

“Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.” 1 Korintus 15:57.

Jawab: Yesus berkata, “Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya” Wahyu 3:20. Melalui Roh Kudus, Yesus mengetuk dan meminta untuk masuk kedalam hati anda supaya Dia dapat mengubah hidup anda. Jika anda memberikan hidup anda kepada-Nya, Dia akan menghapus segala dosa-dosa anda (Roma 3:25) dan memberikan anda kemampuan untuk menjadi anak-anak Allah (Yohanes 1:12). Dan sebagai pemberian yang cuma-cuma Dia juga akan memberikan kepada Anda karakterNya yang sempurna agar anda dapat berdiri tanpa takut dihadapan Allah yang kudus. Melakukan kehendak-Nya akan menjadi suatu kebahagiaan. Hal ini sangat sederhana sehingga banyak yang meragukannya. Bagian anda hanyalah memberikan hidup anda kepada Kristus dan mengijinkan Dia hidup didalam anda. Sementara bagian-Nya adalah mengerjakan keajaiban besar yang merubah hidup dan mempersiapkan anda untuk untuk kedatangan-Nya kedua kali. Ini adalah pemberian yang cuma-cuma. Anda hanya perlu menerimanya.

14. Bahaya besar apakah yang diperingatkan Kristus untuk kita?

“Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” Matius 24:44.

“Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.” Lukas 21:34.

“Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.” Matius 24:37.

Jawab : Ada bahaya besar dengan begitu sibuknya kehidupan ini atau begitu terpesona dengan hawa nafsu dan kesenangan dosa sehingga kedatangan Tuhan akan tiba-tiba menimpa kita sebagaimana banjir menimpa dunia pada zaman Nuh, dan kita akan terkejut, tidak siap, dan binasa. Sayangnya ini akan dialami oleh jutaan orang.Yesus akan datang segera. Apakah anda sudah siap?

15. Apakah anda mau siap saat Yesus datang untuk umat-umatnya?

Jawab:

PERTANYAAN LAINNYA

A. Bukankah hari kesusahan besar belum tiba?

Memang benar bahwa kesusahan yang mengerikan akan menimpa bumi sebelum kedatangan Yesus. Daniel menubuatkannya sebagai berikut“akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi” Daniel 12:1. Tetapi Matius 24:21 mengacu pada penganiayaan yang mengerikan terhadap umat-umat Allah pada Zaman Kegelapan dimana jutaan orang terbunuh.

B. Karena Tuhan datang seperti pencuri dimalam hari bagaimana orang bisa tahu?

Jawabannya ditemukan dalam 1 Tesalonika 5:2-4: “karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin mereka pasti tidak akan luput. Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri,” Penekanan pada ayat ini ada pada waktu kedatangan Tuhan yang tiba-tiba. Hari Tuhan akan datang seperti pencuri hanya kepada mereka yang tidak siap, tetapi tidak untuk mereka yang siap, yang disebut “saudara-saudara”

C. Kapan Kristus akan mendirikan kerajaan-Nya diatas dunia?

Setelah masa 1000 tahun yang besar dalam Wahyu 20. Periode 1000 tahun dimulai ketika kedatangan Kristus yang kedua, ketika Yesus membawa orang-orang benar dari bumi ke surga untuk tinggal dan memerintah bersama dengan Dia selama seribu tahun, Wahyu 20:4. Pada penutupan masa 1000 tahun “Kota Kudus, Yerusalem baru” (Wahyu 21:2) turun dari surga ke bumi bersama orang-orang kudus (Zakharia 14:1,4,5) dan orang-orang jahat yang mati dari segala umur akan dibangkitan (Wahyu 20:5). Mereka akan mengelilingi kota suci untuk merebutnya (Wahyu 20:9), tetapi api akan turun dari surga dan melahap mereka. Api ini akan memurnikan bumi dan membakar semua jejak dosa (2 petrus 3:10, Maleakhi 4:3) Dan Allah akan membuat bumi yang baru (2 Petrus 3:13; Yesaya 65:17; Wahyu 21:1) dan memberikannya kepada orang-orang benar, dan “Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.” Wahyu 21:3. Manusia sebagai mahluk yang sempurna, suci, bahagia, akan dikembalikan kepada gambar Allah yang sempurna, dan akan berada dirumah yang tak berdosa, tanpa noda seperti yang Allah ciptakan sebelumnya. (Untuk informasi lebih lanjut mengenai kerajaan Allah, lihat Pelajaran 4. Untuk informasi lebih lanjut mengenai 1000 tahun, lihat pelajaran 12)

D. Kenapa kita tidak mendengar lebih banyak khotbah dan pengajaran mengenai kedatangan Kristus yang kedua kali?

Iblislah yang bertanggung jawab. Dia sangat tahu bahwa kedatangan kedua adalah “harapan yang penuh bahagia” (Titus 2:13) bagi orang-orang Kristen, karena sekali dipahami, hal ini akan mengubah hidup pria dan wanita dan menuntun mereka untuk secara pribadi, rajin, dan aktif dalam menyebarkan kabar baik ini kepada orang-orang lain. Hal ini membuat setan marah, karena itu dia mempengaruhi mereka yang mempunyai suatu bentuk kesalehan (2 Timotius 3:5) untuk mengejek dengan mengatakan “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.” (2 Petrus 3:3,4) Mereka yang menyangkal, mengabaikan, atau tidak peduli tentang kedatangan kedua Kristus sedang menggenapi nubuatan Alkitab dan membantu pekerjaan setan.

E. Tetapi bukankah Yesus berbicara mengenai pengangkatan rahasia ketia Dia berbicara dalam Lukas 17:36, “Seorang akan dibawa dan yang lain ditinggalkan”?

Tidak. Tidak ada indikasi apa pun yang menyatakan bahwa peristiwa ini rahasia. Yesus menjelaskan mengenai banjir Nuh dan kehancuran Sodom. (Lihat Lukas 17:26-37). Dan Dia berbicara tentang bagaimana Allah menyelamatkan Nuh dan Lot tetapi membinasakan orang-orang jahat. Dia juga berbicara secara khusus mengenai banjir dan api “yang membinasakan mereka semua” ayat 27, 29. Karena kenyataannya hanya sedikit yang akan diselamatkan dan sebagian besar akan dimusnahkan. Kemudian lalu Dia menambahkan, “Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.” Ayat 30. Untuk menggambarkannya, Yesus melanjutkan, “Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.” Ayat 36. Tidak ada hal yang rahasia dalam hal ini. “Setiap mata akan melihat Dia” Wahyu 1:7. Pada kedatangan-Nya kedua, Kristus akan membawa semua orang benar ke awan-awan dihadapan semua orang (1 Tesalonika 4:16,17) dan kemuliaanNya akan memusnahkan orang-orang berdosa (Yesaya 11:4; 2 Tesalonika 2:8). Itu sebabnya Lukas 17:37 berbicara tentang mayat orang-orang jahat yang akan dikerubuni oleh burung nasar (Lihat juga Wahyu 19:17, 18). Orang-orang jahat yang ditinggalkan saat pada kedatangan Kristus akan ditinggalkan untuk mati.

Artikel diatas diambil dari Amazing Facts

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA