• Three Angels Media

Pelajaran 8 - Kelepasan yang Terakhir


Ini bukan dongeng. Suatu hari nanti, Anda akan bebas dari semua rasa sakit, rasa lapar, kesendirian, kejahatan, dan kekacauan yang sementara menginfeksi dunia saat ini. Indah bukan? Tetapi bukan para pemimpin dunia yang akan memberikan hal itu kepada Anda, yang akan memberikan itu kepada anda orang yang jauh lebih hebat. Yesus akan datang segera, tetapi ada begitu banyak kesalahpahaman mengenai bagaimana Dia akan datang. Karena itu ambilah beberapa waktu sebentar untuk memahami apa yang sebenarnya Alkitab katakan tentang kedatangannya yang kedua sehingga Anda tidak akan tertinggal.

1. Apakah kita yakin Yesus akan kembali kedunia ini untuk kedua kalinya?

“Kristus… akan… menyatakan diri-Nya sekali lagi.” Ibrani 9:28.

“Dan apabila Aku telah pergi kesitu dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali.” Yohanes 14:3.

Jawab: Ya! Dalam Matius 26:64, Yesus mengatakan bahwa Ia akan datang kembali ke dunia. Karena Kitab Suci tidak dapat dibatalkan (Yohanes 10:35), ini merupakan bukti yang pasti. Jaminan pribadi dari Kristus sendiri. Selain itu Yesus sudah memenuhi nubuatan mengenai kedatangannya yang pertama, jadi kita bisa yakin bahwa Dia akan memenuhi nubuatan mengenai kedatangan yang keduanya juga!

2. Dengan cara bagaimana Yesus akan datang kedua kali?

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Kisah 1:9-11

Jawab: Alkitab berjanji bahwa Yesus akan kembali ke bumi ini dalam cara yang sama seperti saat kenaikan-Nya; terlihat, literal, hidup-hidup, dan secara pribadi. Matius 24:30 Berkata, “Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.” Dia akan datang dalam awan-awan secara literal, sebagai makhluk pribadi dengan daging dan tulang (Lukas 24:36-43, 50, 51). Kedatangan-Nya akan terlihat dengan jelas.

3. Akankah kedatangan Kristus yang kedua kali dapat dilihat oleh semua orang atau hanya untuk kelompok yang terpilih?

“Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan; dan setiap mata akan melihat Dia.” Wahyu 1:7.

“Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.” Matius 24:27

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit” 1 Tesalonika 4:16

Jawab: Setiap pria, wanita, dan anak-anak yang tinggal di bumi saat Yesus kembali akan melihat Dia pada kedatangan-Nya yang kedua. Cahaya kedatangannya akan memancar dari cakrawala ke cakrawala, dan langit akan dipenuhi dengan cahaya kemuliaan seperti kilat. Tidak ada yang dapat bersembunyi. Peristiwa ini akan sangat luar biasa dimana nantinya setiap orang mati akan dibangkitkan.

Catatan : Semua orang akan tahu saat kedatangan yang kedua terjadi. Beberapa orang menggunakan 1 Tesalonika 4:16 untuk menjelaskan bahwa akan terjadi pengangkatan rahasia, dimana orang yang selamat akan hilang dengan diam-diam dari muka bumi, tetapi sebenarnya ayat tersebut adalah ayat yang paling “berisik” di dalam alkitab: Tuhan berfirman dengan keras, suara terompet yang besar, dan orang-orang mati dibangkitkan! Kedatangan yang kedua bukanlah suatu peristiwa yang sepi, dan bukan juga kedatangan kedua secara roh didalam hati. Kedatangan kedua itu juga tidak terjadi pada saat kematian seseorang, dan juga bukanlah suatu kiasan. Semua teori ini berasal dari manusia, tetapi Alkitab berkata dengan jelas bahwa kedatangan yang kedua adalah literal, mendunia, terlihat, dan Yesus akan berada di awan-awan secara fisik.

4. Siapa yang akan datang bersama dengan Yesus pada kedatangan-Nya yang ke dua, dan mengapa?

“Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.” Matius 25:31

Jawab: Semua malaikat disurga akan datang bersama Yesus pada kedatangan-Nya yang kedua. Ketika awan terang mendekati bumi, Yesus akan mengirim Malaikat-Nya dan mereka akan dengan cepat mengumpulkan semua orang benar untuk perjalanan ke surga. (Matius 24:31)

5. Apa tujuan dari kedatangan Yesus kedua kali di bumi?

“Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.” Wahyu 22:12.

“Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” Yohanes 14:3.

“Dan Ia akan mengutus Yesus Kristus…. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, ” Kisah Para Rasul 3:21,22.

Jawab: Yesus akan datang kembali ke dunia ini untuk menyelamatkan umat-umatnya seperti yang Dia janjikan, dan untuk membawa mereka ke rumah yang indah yang telah Dia sediakan bagi mereka.

6.