• Three Angels Media

Bagian 16: Bagaimana caranya memelihara Hari Sabat kudus


Bagaimana caranya memelihara Hari Sabat kudus / memelihara Kekudusan Sabat.

1) Hari Sabat adalah hari istimewa untuk memusatkan perhatian pada Yesus Kristus Pencipta kita: Menurut Perjanjian Baru, "dunia" diciptakan oleh Yesus Kristus (lihat Yohanes 1: 1-3, 14, 10; Kol 1: 16). Yesus adalah "Tuhan" yang menciptakan dunia dalam enam hari, dan "beristirahat pada hari ketujuh." Kel. 20:11. Dengan demikian, hari Sabat adalah hari istimewa untuk berfokus pada Yesus Kristus sebagai Pencipta dan Pemelihara semua kehidupan. Ini adalah hari dimana kita pisahkan tekanan dan perhatian normal kehidupan sehari-hari, untuk disegarkan dan diberkati oleh Pencipta agung yang mencintai dan mati untuk kita.

2) "Ingatlah hari Sabat, untuk menjaganya kudus. Enam hari lamanya engkau harus bekerja dan melakukan semua pekerjaanmu; Tetapi hari yang ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu, di dalamnya engkau tidak melakukan pekerjaan apapun "(Keluaran 20: 8-10): Inilah perintah keempat. Kita harus bekerja di pekerjaan normal kita selama enam hari kerja, tapi dari matahari terbenam Jumat malam sampai matahari terbenam Sabtu malam, kita seharusnya "tidak melakukan pekerjaan apapun." Jumat sore, setelah Yesus meninggal, "hari Sabat terus berlanjut." Lukas 23 : 54. Ketika matahari terbenam, pengikut Kristus "beristirahat pada hari Sabat sesuai dengan perintah tersebut." Lukas 23:56. Bisnis sekuler harus dikesampingkan, belanja, laundry, pekerjaan rumah, dan pembersihan rumah harus dilakukan selama enam hari kerja. Alkitab juga menyebut membeli dan menjual pada hari Sabat sebagai "hal yang jahat." Nehemia 13: 15-22.

Tuhan berkata, Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “hari kenikmatan”, dan hari kudus Tuhan “hari yang mulia”; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut TUHANlah yang mengatakannya. Yesaya 58:13,14. Orang-orang Farisi membuat hari Sabat menjadi beban, namun Yesus ingin agar kita memanggil hari Sabat sebagai "hari kenikmatan", hari menyenangkan, "dan menikmati diri kita" di dalam Dia. Pengabdian pada hari Sabat adalah sesuatu yang kita "tumbuh didalamnya" seperti yang Yesus ajarkan kepada kita bagaimana untuk "menjaganya tetap suci."

3) Jumat adalah "hari persiapan" (Lukas 23:54): "Hari persiapan" adalah hari yang baik untuk membersihkan, menyetrika dan membersihkan rumah. Saat matahari terbenam, pikiran kita harus bebas dari mengurusi hal lain untuk berfokus pada Yesus. Di padang gurun, Tuhan menginstruksikan Israel untuk "memanggang apa yang Anda panggang" pada hari sebelum hari Sabat. Keluaran 16 23-29. Paulus secara khusus mengatakan bahwa sejarah Israel di padang gurun adalah "teladan" bagi kita "kepada siapa akhir dunia ini akan datang." 1 Kor. 10: 6, 11. Jika makanan khusus direncanakan untuk hari Sabat, akan lebih baik memasaknya pada hari Jumat.

4) Yesus berada di "rumah ibadat pada hari Sabat" (Lukas 4:16): Yesus menyembah bersama umat Allah setiap hari Sabat. Lukas 4:16, 31, 32. Jadi seharusnya kita tidak "menjauhkan diri dari pertemuan ibadah kita, seperti yang dibiasakan oleh orang lain." Ibrani 10:25. Di dalam "bumi yang baru ... dari satu hari Sabat ke hari yang lain, semua manusia akan menyembah di hadapanku, firman Tuhan." Yesaya 66:22, 23. Kita semua membutuhkan berkat "persekutuan" dengan orang percaya lainnya yang mengasihi Yesus dan menjaga Perintah-Nya Ex. 20: 6; Yohanes 14:15; 1 Yohanes 1: 7. 5) Yesus berkata, "Adalah Sah / diperbolehkan / sesuai hukum untuk melakukannya kebaikan pada hari-hari Sabat" (Matius 12:12KJV): Yesus menyembuhkan dan menolong orang-orang pada hari Sabat (lihat Markus 1: 21,27; Matius 12: 10-13; : 10,17), dan perbuatan belas kasihan-Nya sepenuhnya "sah / diperbolehkan / sesuai hukum" pada hari Sabat, yaitu, mereka selaras dengan pemeliharaan Sabat yang sebenarnya. Sabat adalah hari yang baik untuk mengunjungi orang sakit, membantu seseorang yang membutuhkan, dll. Jadi, kita dapat mengikuti teladan Yesus.

6) "Sebab dalam enam hari Tuhan membuat langit dan bumi ... dan beristirahat pada hari ketujuh. Karenanya Tuhan memberkati hari Sabat, dan menguduskannya "(Keluaran 20:11): Sabat adalah hari yang indah untuk menikmati keindahan alam. Bawa anak-anak berjalan-jalan di taman. Bersantai di bawah pohon. Bacalah Alkitab di sungai atau danau. Nikmati persekutuan khusus dengan Dia yang berkata, "Lagipula aku juga memberi mereka hari-hari Sabat-Ku, menjadi pertanda antara aku dan mereka, supaya mereka tahu, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka." Yeh. 20:12 Sabat mengungkapkan kebenaran yang mulia bahwa Dia yang menciptakan seluruh dunia kita dalam enam hari, dan beristirahat pada hari ketujuh, juga dapat menciptakan kembali hati kita kembali ke gambar-Nya sendiri. Lihat Kej 1:26; Mzm. 51:10; Ef. 4: 21-24.

7) Bagaimana jika saya bekerja pada hari Sabat ?: Secara baik-baik dekati atasan Anda dan katakan, "Hati nurani saya mengatakan bahwa saya tidak dapat lagi bekerja pada hari Sabat. Bagaimana kita bisa mengatasi hal ini? "Puluhan ribu orang telah melakukan ini. Sebagian besar atasan akan mengakomodasi keyakinan agama yang kuat. Bahkan jika Anda kehilangan pekerjaan Anda (yang mungkin tidak akan terjadi, tapi ada yang memang tidak terjadi), Tuhan akan membantu Anda menemukan pekerja

an yang lain. Pelajari Daniel 3 dan Anda akan melihat bahwa Tuhan memberkati ketiga orang Ibrani yang menolak untuk melanggar perintah kedua. Di akhir Daniel 3, mereka dipromosikan. Jika Anda membela Yesus dan perintah keempat-Nya, Dia akan membela Anda. Jika Anda adalah satu-satunya anggota keluarga Anda yang ingin memelihara hari Sabat, jangan memaksakannya pada mereka. Yesus akan membimbing dan membantu Anda selangkah demi selangkah jika Anda melihat kepada-Nya untuk mendapatkan bimbingan dan kekuatan. Lihat Mzm. 29:11.

"Berbahagialah orang yang melakukan perintah-perintah-Nya, sehingga mereka berhak atas pohon kehidupan dan boleh masuk melalui gerbang menuju kota ... kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai Anda. " Wahyu 22:14, 21 (KJV)