• Three Angels Media

Kejatuhan Lucifer - Bagian 1




Iri Hati Terhadap Anak (Putra) Tunggal Allah


Disusun dari tulisan Ellen White (huruf besar, huruf tebal dan dalam kurung ditambahkan untuk penekanan).


Berikut ini adalah kompilasi dari Tulisan Ellen White tentang upaya Lucifer untuk merebut posisi Kristus di surga. Ketika kita memeriksa pernyataan-pernyataan itu, kita mulai melihat beberapa pola menarik muncul dan menemukan bagaimana gagasan-gagasan palsu tertentu telah menguasai mayoritas kekristenan, yaitu penyangkalan terhadap Keputeraan Kristus (Sonship of Christ) yang diperanakkan secara mujizat, secara literal sebelum inkarnasi. Maksud dari kompilasi ini adalah untuk memeriksa bagaimana dosa muncul di surga dan bahwa penyebab sebenarnya adalah karena masalah Keputeraan Kristus yang literal yang memberikan alasan paling logis tentang mengapa Allah Bapa membedakan hubungan-Nya dengan Kristus yang adalah Putra IlahiNya dan sudah disebut Anak Allah yang tunggal sebelum inkarnasi dan bagaimana iri hati dan kecemburuan atas hubungan ini dengan Lucifer yang adalah Putra ciptaan memicu pemberontakan. Perhatikan tanggal dan tahun kesaksian Ellen White, untuk membuktikan bahwa dia konsisten dengan kepercayaannya, bahwa tidak ada perubahan dalam ajarannya, baik sebelum, pada waktu dan setelah penerbitan buku The Desire of Ages (DA). Karena seringkali saya mendengar bahwa Ellen white seiring berjalannya waktu merubah ajarannya dari seorang non-trinitarian menjadi seorang trinitarian dengan memakai istilah kebenaran progresif, terutama dengan terbitnya buku The Desire of Ages (Kerinduan segala zaman) yang diklaim memiliki pernyataan-pernyataan yang mendukung doktrin Trinitas (menurut Buku The Trinity oleh : Whidden, Moon, Reeve, dijual dan dipromosikan di situs Adventist book center)). Kalo memang demikian kebenaran progresif haruslah konsisten dan tidak bertentangan dengan kebenaran sebelumnya, sebuah garis kebenaran yang lurus (Line of Truth) yang konsisten dan tak terputus. Bukankah seharusnya demikian? Saya akan mendorong setiap pembaca untuk memeriksa bukti dan melakukannya dengan pikiran yang jernih dan terbuka. Dan ijinkan tulisan Ellen White menjelaskan tulisan Ellen White, sama seperti Alkitab menjelaskan dirinya sendiri. Bagi para pencari kebenaran, saya mengundang anda untuk menguji segala sesuatu.


Pembaca yang budiman harus mengetahui informasi bahwa buku The Desire of Ages (Kerinduan segala zaman) adalah volume 3 dari serial The Conflict of Ages. Berikut adalah Deskripsi buku ini dari EGW Writings :


Description : The desire of Ages (Volume 3 of the Conflict of the Ages series) is Ellen White’s classic on the life of Jesus… https://m.egwwritings.org/en/book/130/info


Seri The Conflict of Ages :

Volume 1 – Patriachs & Prophets (Bapa & Nabi) tahun 1890

Volume 2 – Prophets & Kings (Bapa & Raja) tahun 1917

Volume 3 – The Desire of Ages (Kerinduan segala zaman) tahun 1898

Volume 4 – Acts of Apostles (Kisah para rasul) tahun 1911

Volume 5 – The Great Controversy (Kemenangan Akhir) yang memiliki beberapa edisi dari dari Spiritual Gifts Vol.1 (1858), The Spirit of Prophecy (1870), The Great Controversy dari Edisi 1888, 1911. Buku The Great Controversy tidak berdiri sendiri, karena berasal dari pewahyuan yang diberikan Allah kepada Ellen White sejak 1844 sejak Kekecewaan besar.


Ellen white mengajarkan kebenaran yang konsisten yang berkesinambungan dan tidak bertentangan. Kalau dia mengajarkan dibuku Patriachs & Prophets bertentangan dengan dibuku yang lain, maka dia adalah nabi palsu. Tapi dari penelusuran mendalam akan tulisan beliau, saya temukan dia KONSISTEN dan TIDAK BERUBAH. Dari tahun 1844 sampai dia menutup usia tahun 1915, Ellen white sudah mendapatkan pewahyuan tentang identitas siapa yang di maksud Allah dan siapa yang dimaksud Putra-Nya, dan siapa itu Roh Kudus.


Perhatikan pengakuan dari Ellen white bahwa apa yang sudah dia tulis yang sudah dia keluarkan semenjak dia masih gadis, sampai tahun 1905, merupakan satu garis kebenaran. Dia tidak merubah kepercayaannya :


“Apa yang telah saya tulis adalah apa yang Tuhan minta agar saya tulis. SAYA TIDAK DIPERINTAHKAN UNTUK MENGUBAH APA YANG TELAH SAYA KIRIMKAN. Saya berdiri teguh dalam iman Advent; karena saya telah diperingatkan sehubungan dengan tipu daya yang menggunakan argumen yang menipu yang akan berusaha masuk di antara kita sebagai suatu umat. Kitab Suci berkata, 'Beberapa akan menyimpang dari iman, memberi perhatian kepada roh-roh penggoda, dan doktrin setan.' Saya menyampaikan di hadapan umat kita bahaya disesatkan seperti yang dilakukan para malaikat di pelataran surgawi. GARIS LURUS KEBENARAN disajikan kepada saya ketika saya masih SEORANG GADIS DENGAN JELAS disajikan seperti KEPADA SAYA SEKARANG. " - (E.G. White, Review and Herald, Jan 26, 1905).


“Dan sekarang, setelah SETENGAH ABAD (50 tahun) CAHAYA JELAS dari Firman tentang apa itu kebenaran, muncul banyak teori palsu, yang mengganggu pikiran. Tetapi BUKTI YANG DIBERIKAN dalam PENGALAMAN AWAL KAMI memiliki KEKUATAN YANG SAMA dengan yang dimilikinya saat itu. KEBENARAN ADALAH SAMA SEPERTI SEBELUMNYA, dan TIDAK SATU PIN (jarum atau peniti kecil) atau SEBUAH PILAR bisa dipindahkan dari struktur kebenaran. Apa yang dicari dari Firman pada tahun 1844, 1845, dan 1846 TETAP MENJADI KEBENARAN HARI INI DALAM SETIAP RINCIAN. ” - (Letter 38, 1906).


Ellen White dengan jelas dan tegas katakan bahwa Tuhan yang minta agar dia tulis. Bahwa apa yang dipercaya Ellen White dipercaya juga oleh Para Pionir sejak awal pengalaman mereka. Kebenaran adalah sama, dan memiliki kekuatan yang sama, baik dulu maupun sekarang. Tidak ada satupun Kebenaran baik yang kecil seperti jarum atau pun seperti pilar yang bisa dipindahkan atau diganti. Setiap detail atau rincian dari tahun 1844 tetap menjadi kebenaran sampai 1906 bahkan sampai seterusnya. Tuhan tidak memerintahkan untuk mengubah tulisannya. Akan ada tipu daya yang akan menyesatkan umat Advent dengan argumen-argumen yang menipu dan beberapa menyimpang dari iman. Apa yang secara jelas diajarkan oleh Ellen White sebagai GARIS LURUS KEBENARAN ketika dia masih gadis (1844) sampai dia mati? Bahaya apa yang akan menyesatkan umat Allah yang ada kaitannya dengan apa yang dilakukan para malaikat yang memberontak di surga?


Mari kita mulai dari surga, awal segala peperangan dan pemberontakan. Apa yang memicunya ?


Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga (kerub penudung yang diurapi KJV), di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya. Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya. Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya. Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu. Yeh 28:14-18.


"Betapa engkau jatuh dari surga, hai Lucifer, putra fajar! Betapa engkau ditebang ke tanah, yang melemahkan bangsa-bangsa! Sebab engkau telah berkata dalam hatimu, Aku akan naik ke surga, Aku akan meninggikan tahtaku di atas bintang-bintang Allah: Aku juga akan duduk di atas bukit jemaat/pertemuan, di sebelah utara: Aku akan naik di atas awan-awan; aku akan menjadi seperti yang Mahatinggi. " - Yesaya 14: 12-14 (terjemahan langsung KJV).


"Kerub penudung yang diurapi/Kerub yang menutupi "


Alkitab memberi tahu kita bahwa surga adalah tempat harmoni yang sempurna sampai salah satu malaikat tertinggi dan terindah memberontak. Nabi Yehezkiel menggambarkan malaikat ini, Lucifer, sebagai "kerub penudung yang diurapi" (Yehezkiel 28:14 KJV). Dia sempurna, atau tidak bercacat, dalam caranya ketika dia diciptakan (Yehezkiel 28:15) namun sesuatu terjadi di dalam hatinya yang menyebabkan dia jatuh.

Pertama, untuk memahami apa itu "kerub penudung yang diurapi", kita juga harus memiliki pemahaman tentang tempat kudus/kemah suci yang Allah perintahkan untuk dibangun oleh Musa (Ibrani 8: 5). Bangunan ini berfungsi sebagai bayangan, atau model duniawi yang dibangun berdasarkan pola dari bait suci sesungguhnya di surga "…di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Allah dan bukan oleh manusia". (Ibrani 8: 2).


Di dalam kemah suci ini ada perabotan emas yang disebut tutup pendamaian/kursi belas kasihan (mercy seat - Keluaran 25:17). Itu adalah simbol takhta Allah di surga. Rasul Paulus merujuk pada tutup pendamaian/kursi belas kasihan ini ketika dia menulis bahwa, dengan iman, orang-orang percaya dapat "…dengan berani datang ke takhta kasih karunia, agar kita dapat memperoleh belas kasihan, dan menemukan kasih karunia untuk menolong pada saat dibutuhkan." (Ibrani 4:16 KJV). Di bawah tutup pendamaian/tempat duduk ini ada kotak emas yang disebut tabut perjanjian, di dalamnya Musa harus meletakkan “Loh Hukum/Kesaksian” (Testimony KJV = Sepuluh Perintah) yang akan diberikan Allah kepadanya (Keluaran 25:21).


Musa diperintahkan untuk membuat dua benda mati menyerupai kerub (2 malaikat), satu untuk setiap sisi dari kursi belas kasihan, yang menutupi tabut hukum (Keluaran 25:19). Kedua malaikat ini, saling berhadapan digambarkan sebagai "menutupi/menudungi kursi belas kasihan (tutup pendamaian) dengan sayap mereka" (Keluaran 25:20). Dari sini kita tahu bahwa si kerub yang menutupi/menudungi tabut hukum adalah seorang malaikat yang berdiri paling dekat dengan singgasana/takhta Allah. Mereka adalah penjaga hukum Allah. Ini adalah posisi mulia yang tinggi yang diberikan kepada Lucifer.


Kemuliaan Lucifer (Perhatikan tahun-tahun kutipannya)


Ellen White membuat pernyataan di bawah ini tentang seberapa Lucifer dibuat mirip mendekati seperti Allah. Namun bukan seperti Kristus yang adalah gambar ekspress/gambar wujud Allah (Ibr 1:3). Dimana Kristus yang adalah Putra Allah yang tunggal memiliki esensi/alamiah yang sama dengan Allah, yaitu BapaNya. Mari kita lihat beberapa versi terjemahan Alkitab mengenai Kristus sebagai gambar wujud BapaNya :


(ASV) who being the effulgence of his glory, and the very image of his substance,

(ESV) He is the radiance of the glory of God and the exact imprint of his nature,

(KJV) Who being the brightness of his glory, and the express image of his person,

(MKJV) who being the shining splendor of His glory, and the express image of His essence,

(YLT) who being the brightness of the glory, and the impress of His subsistence,

(RV) who being the effulgence of his glory, and the very image of his substance,


Berikut apa yang diajarkan Ellen White mengenai kemuliaan dan posisi Lucifer di surga :


"Di antara penduduk surga, SETAN, SETELAH KRISTUS (SATAN, NEXT TO CHRIST), PADA SATU WAKTU PALING DIHORMATI ALLAH, DAN TERTINGGI DALAM KEKUATAN DAN KEMULIAAN." — ST July 23, 1902. {TA 28.2}


“Bukankah Allah telah membuat si kerub penudung begitu indah, SANGATLAH DEKAT MENYERUPAI GAMBAR DIA SENDIRI (SO CLOSELY RESEMBLING HIS OWN IMAGE); bukankah Allah memberinya kehormatan khusus; seandainya ada sesuatu yang tidak dikerjakan dalam pemberian keindahan dan kekuasaan dan kehormatan, maka Setan mungkin punya alasan ... ” {GCDB, March 2, 1897 par. 33}


“Kejahatan berasal dari Lucifer, yang memberontak melawan pemerintahan Allah. Sebelum kejatuhannya dia adalah kerub yang menutupi, dibedakan oleh keunggulannya. ALLAH MEMBUATNYA baik dan indah, SEDEKAT MUNGKIN SEPERTI DIRINYA (AS NEAR AS POSSIBLE LIKE HIMSELF)…. {RH September 24, 1901}


“Lucifer adalah si kerub penudung. Dia telah berdiri dalam terang kehadiran Allah. Dia adalah yang TERTINGGI DARI SEMUA MAKHLUK CIPTAAN, dan TELAH TERDEPAN DALAM MENGUNGKAPKAN TUJUAN ALLAH KE ALAM SEMESTA (HAD BEEN FOREMOST IN REVEALING GOD'S PURPOSES TO THE UNIVERSE). {DA 758.4}


TUHAN sendiri memberikan kepada setan kemuliaan dan kebijaksanaannya, dan menjadi kerub penudung, baik, mulia, dan sangat indah.” —ST September 18, 1893.


Lucifer adalah si kerub penudung, YANG PALING MULIA DARI MAKHLUK-MAKHLUK CIPTAAN SURGAWI; DIA BERDIRI PALING DEKAT DENGAN TAKHTA ALLAH, DAN YANG PALING TERHUBUNG DAN TERIDENTIFIKASI DENGAN ADMINISTRASI PEMERINTAH ALLAH, YANG PALING KAYA DIBERIKAN KEMULIAAN DAN KEKUATANNYA. ” - ST April 28, 1890.


Lucifer, "PUTRA FAJAR," DALAM KEMULIAAN MELEBIHI SEMUA MALAIKAT YANG MENGELILINGI TAKHTA ,. . . BERSATU DALAM IKATAN TERDEKAT DENGAN PUTRA ALLAH (WAS UNITED IN CLOSEST TIES TO THE SON OF GOD). — DA 435. {TA 28.3}. catatan : buku The Desire of Ages (Kerinduan segala zaman) ditulis tahun 1895, terbit tahun 1898.


Lucifer, "putra fajar," ADALAH YANG PERTAMA DARI KERUB-KERUB PENUDUNG, KUDUS DAN TIDAK BERNODA. DIA BERDIRI DI HADIRAT PENCIPTA BESAR, DAN SINAR KEMULIAAN YANG TIADA HENTI YANG MELINGKUPI ALLAH YANG KEKAL BERDIAM ATASNYA.— {PP 35}


Semua yang bertekad untuk berpegang teguh pada setiap ciri iman kita harus melawan tipu muslihat iblis. Kita semua harus memahami bahwa ada seorang malaikat yang jatuh yang dulu pernah berada setelah Kristus dalam kehormatan (next to Christ in honor) di antara bala tentara surgawi. Pekerjaan penipuannya dilakukan dalam kerahasiaan yang begitu hebat sehingga PARA MALAIKAT DALAM POSISI YANG KURANG-TINGGI MENYANGKA BAHWA DIA ADALAH PENGUASA SURGA (THE ANGELS IN LESS-EXALTED POSITIONS SUPPOSED THAT HE WAS THE RULER OF HEAVEN). SETAN MEMBUAT REPRESENTASI BAHWA SEMUA INSINUASI (sindiran, tuduhan tak langsung) SALAH YANG ADA DI SURGA BERASAL DI ANTARA MALAIKAT, SEMENTARA DIA SENDIRI SUDAH MEMBUAT SARAN-SARAN YANG TIDAK AKAN PERNAH DIPERHATIKAN OLEH MALAIKAT, KALAU DIA TIDAK MEMBUAT HAL-HAL TERSEBUT. Dia dengan terampil penuh kecerdikan menyampaikan hal-hal ini kepada Allah, seolah-olah berasal dari para malaikat, sementara semuanya berasal dari Setan yang jahat itu sendiri. {Lt292-1906.1}


Catatan : tulisan diatas ditulis tahun 1906 yaitu 8 tahun setelah buku Kerinduan segala zaman, dan anda akan lihat kutipan-kutipan mengenai Posisi Lucifer dari tahun ke tahun Ellen White konsisten mengatakan posisi tinggi di surga SETELAH KRISTUS bukanlah oknum ketiga yang disebut Allah Roh Kudus tapi adalah Malaikat Kerub Penudung.


Setan pernah menjadi seorang malaikat terhormat di surga, SETELAH KRISTUS (NEXT TO CHRIST). RAUT WAJAHNYA, SEPERTI MALAIKAT LAINNYA, ADALAH LEMBUT DAN MENUNJUKKAN KEBAHAGIAAN. DAHINYA TINGGI DAN LEBAR, MENUNJUKKAN KECERDASAN BESAR. Bentuknya sempurna; sikapnya mulia dan agung. Tetapi KETIKA ALLAH BERKATA KEPADA ANAK-NYA, "Marilah KITA menjadikan manusia menurut gambar KITA," Setan cemburu pada Yesus. Dia ingin dilibatkan dalam konsultasi tentang pembentukan manusia, dan karena dia bukan, dia dipenuhi dengan iri hati, kecemburuan, dan kebencian. Dia ingin menerima penghargaan tertinggi di surga SETELAH ALLAH (He desired to receive the highest honors in heaven NEXT TO GOD). {EW 145.1}.


catatan : Early Writings (EW) atau Tulisan Permulaan yang ditulis Ellen White mengajarkan DARI AWAL Allah sudah memberitahu kepada Ellen White bahwa kata Allah (Elohim) yang dimaksud adalah Allah Bapa dan kata KITA itu hanya berbicara 2 oknum BUKAN 3 oknum seperti yang diajarkan doktrin trinitas. Bapa berbicara kepada Anak-Nya. Dan bahwa Posisi tertinggi setelah Kristus adalah Lucifer bukanlah oknum ketiga yang disebut allah roh kudus seperti yang diajarkan doktrin trinitas. Pertanyaan untuk direnungkan, siapakah Allah yang berkata kepada Anak-Nya menurut kutipan diatas? Apakah Allah Trinitas (Bapa, Anak, Roh Kudus) yang berkata kepada Anak-Nya? atau Allah Bapa berbicara kepada Kristus, PutraNya?


Lucifer adalah malaikat agung yang "telah menjadi yang terdepan dalam mengungkapkan tujuan Allah ke alam semesta" dan berada di urutan kedua setelah Putra Allah dalam kekuatan, kemuliaan dan keagungannya. Dia diciptakan sedekat mungkin dengan gambar Allah. Seberapa dekat istilah "sedekat mungkin" dalam hal kemampuan yang dimiliki Allah yang diberikan kepada Lucifer? Saya akan mengatakan itu sangatlah dekat, hanya kalah oleh Anak Allah. Jadi, kita bahkan dapat menyimpulkan bahwa jika kita dapat mengamat-amati antara Anak Allah sebelum inkarnasi menjadi manusia dengan Lucifer secara berdampingan, sebelum kejatuhan Lucifer, kita mungkin sebenarnya tergoda untuk berpikir bahwa mereka adalah saudara yang memiliki kemiripan yang dekat! Inspirasi mengatakan kepada kita bahwa Kristus lebih tinggi meskipun: “Sebelum Kristus meninggalkan surga dan datang ke dunia untuk mati, DIA LEBIH TINGGI DARI SEMUA MALAIKAT. Dia agung dan cantik."{2SP 39.2}. Namun, meskipun Lucifer mirip dengan Allah "sedekat mungkin", Lucifer tidak menyandang "gambar wujud/gambar ekspresi langsung" dari Allah karena Lucifer adalah makhluk ciptaan. Lucifer sebisa mungkin diciptakan sedekat mungkin kepada Allah sebagai makhluk ciptaan TETAPI KRISTUS LEBIH TINGGI POSISINYA DI SURGA KARENA DIA DIPERANAKKAN/DILAHIRKAN (dibawa keluar / dilahirkan = brought forth KJV Amsal 8:24) dari substansi (alamiah) Allah. Ini adalah "gambar wujud/gambar ekpresi" yang diacu oleh kitab suci dibawah ini :


Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

(Ibrani 1:3)


Jadi Kristus sebelum inkarnasi menjadi manusia adalah Oknum ilahi dalam substansi atau alamiah. Kristus adalah gambar Ekspres - reproduksi sempurna dari Bapa. Tidak ada kemiripan yang lebih dekat seperti Bapa & AnakNya. Tetapi juga yang menarik adalah bahwa Kristus adalah "Cahaya kemuliaan Allah". Ini memainkan peran besar dalam sikap Lucifer ke depan.


Kristus tidak diciptakan namun diperanakkan. Dasar Keallahan atau Keilahian Kristus adalah karena Dia adalah Putra Allah yang tunggal, yang dilahirkan, mewarisi sifat Keallahan dan alamiah yang sama dari Bapa-Nya yang adalah satu Allah yang benar. Seperti anda sama manusianya dengan orangtua anda yang adalah manusia juga. Anda memiliki alamiah manusia yang sama karena berasal dari manusia juga. Walaupun anda baru muncul setelah bapa anda. Adakah seorang anak KURANG MANUSIANYA dibandingkan Ayahnya ? Bedanya adalah tidak ada yang mustahil bagi Allah Bapa, Dia Pencipta Agung tidak memerlukan campur tangan siapapun untuk melahirkan Putra Allah sebelum inkarnasi. Seperti Maria mengandung Yesus tanpa hubungan biologis antara pria-wanita. Manusia tidak memahami bagaimana caranya Allah melakukan mujizat kelahiran Putra ilahi Allah sebelum inkarnasi di surga sebelum segala sesuatu diciptakan dan juga kelahiran kembali Kristus sebagai manusia dari perawan Maria, tapi Kitab suci mengatakannya, tugas kita percaya apa yang tertulis. Tidak ada satupun malaikat yang pernah melihat Putra Allah diperanakkan oleh Bapa, karena Kitab suci menulis si Hikmat yang adalah Kristus (bandingkan Amsal 8:22-30 dengan 1Kor 1:24,30) telah lahir sebelum pekerjaan penciptaan, dan tidak ada satupun manusia yang melihat proses penciptaan langit dan bumi dan juga penciptaan Adam (manusia), tapi karena Kitab suci mengajarkannya kita percaya. Kita bisa yakin karena kitab suci mengatakannya, hal itu benar adanya. Yesus bukanlah makhluk ciptaan tapi Dia lahir dari Bapa. Bapa yang adalah sumber segala sesuatu menciptakan segala sesuatu melalui AnakNya, segala sesuatu telah diciptakan didalam Anak Allah, oleh Dia dan untuk Dia (1Kor 8:6 ; EF 3:9 ; Kol 1:16). Seperti perkataan Agur bin Yake dari Masa bahwa pekerjaan penciptaan hanya dilakukan oleh 2 oknum saja yaitu Bapa & Anak (Am 30:4), hal yang sama dikatakan Ellen White : “…Tetapi KETIKA ALLAH BERKATA KEPADA ANAK-NYA, "Marilah KITA menjadikan manusia menurut gambar KITA," (EW 145.1). Kata KITA mengacu kepada Allah (Bapa) dan Putra-Nya. Allah Bapa sedang berbicara kepada Anak-Nya saja. Dan si KITA menciptakan hanya 2 manusia, yaitu Adam & Hawa menurut gambar Si KITA, si KITA tidak menciptakan 3 manusia. Hal ini membuat Lucifer tambah iri hati dan cemburu karena dia tidak dilibatkan dalam konsultasi yang ada didalam Dewan Allah (Counsel of God). Hanya Putra Tunggal Bapa yang Bapa ijinkan masuk dalam Dewan ini, karena Kristus bukan Putra Ciptaan, Dia adalah Putra Sulung, Putra Literal, Putra ilahi Bapa. Lucifer hendak menjadi OKNUM KETIGA dalam “Dewan Allah” yang hanya ada diantara 2 OKNUM SAJA.


Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai (Counsel of Peace KJV) akan ada di ANTARA MEREKA BERDUA. Zak 6:13


Posisi Lucifer (Perhatikan tahun-tahun kutipannya)


“SETAN, KEPALA MALAIKAT YANG JATUH, pernah memiliki kedudukan yang ditinggikan di Surga. DIA DULU SETELAH KRISTUS DALAM KEHORMATAN (HE WAS NEXT IN HONOR TO CHRIST). ” (Ellen White, Review & Herald, February 24, 1874)


Mereka memandang dengan takjub pada rencana muslihat Setan melawan Putra ilahi Allah (the divine Son of God). Mereka melihat bahwa dia yang hanya KEDUA DARI YESUS DALAM KEKUATAN DAN KEMULIAAN (SECOND TO JESUS IN POWER AND GLORY) telah jatuh begitu rendah sehingga dia dapat mempengaruhi manusia untuk memburu langkah-langkah Kristus dari kota ke kota. ” {ST November 25, 1889, par. 1}


Catatan: berkali-kali Ellen White menyebut Kristus sebagai Putra Allah, Putra ilahi Allah, Putra tunggal Allah/Putra yang diperanakkan Allah. dan ini seirama dengan Alkitab, bahwa Putra Tunggal Allah inilah yang diutus Allah (Bapa) ke dunia. Allah sudah memiliki Putra ilahi yang dilahirkan (begotten son Yoh 3:16 KJV) sebelum diutus kedunia (Yoh 3:17).


“Bukankah Setan si pembawa terang, yang membagikan kemuliaan Allah di surga, dan SETELAH YESUS DALAM KUASA DAN KEAGUNGAN (NEXT TO JESUS IN POWER AND MAJESTY?” {RH November 17, 1891, par. 3}


“Malaikat yang jatuh yang Allah jadikan kerub yang menudungi, dihancurkan oleh keegoisan, kemauannya sendiri . ALLAH MEMBUATNYA MULIA, TELAH MEMBERIKAN HADIAH YANG KAYA. DIA (ALLAH) TELAH MEMBERIKAN KEPADANYA (LUCIFER) SEBUAH POSISI TANGGUNGJAWAB, YANG TINGGI. Dia (Allah) tidak meminta apa pun yang tidak masuk aka kepadanya (Luficer). Dia (Lucifer) harus menjalankan kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh Allah dalam roh yang lemahlembut dan pengabdian, berusaha untuk mempromosikan kemuliaan Tuhan, yang telah memberinya kemuliaan dan keindahan dan kecantikan. Tapi Lucifer tidak tinggal dalam kebenaran. Dia jatuh dari integritasnya. Biarlah setiap orang mempelajari pelajaran yang seharusnya dia pelajari dari sejarah yang luar biasa ini. ” {SSW, March 1, 1893 par. 2}


“BERBICARA TENTANG SETAN, Tuhan kita berkata bahwa 'dia tidak tinggal dalam kebenaran.' Dia pernah menjadi kerub penudung, mulia dalam keindahan dan kesucian. DIA DULU SETELAH KRISTUS DALAM DERAJAT TINGGI DAN KARAKTER (HE WAS NEXT TO CHRIST IN EXALTATION AND CHARACTER).Dari Setan itulah meninggikan diri sendiri berasal. Dia menjadi cemburu pada Kristus, dan menuduhnya secara salah, dan kemudian menyalahkan Bapa. DIA IRI HATI DENGAN POSISI YANG DIPEGANG OLEH KRISTUS DAN BAPA, dan dia berbalik dari kesetiaannya kepada Panglima Surga dan kehilangan keadaanya yang tinggi dan suci. " (Ellen White, Review & Herald, Oct. 22, 1895)


“Tapi ada seseorang yang memilih untuk memutarbalikkan kebebasan ini. Dosa berasal dari dia [SETAN] yang, SETELAH KRISTUS, TELAH PALING DIHORMATI ALLAH dan yang berdiri tertinggi dalam kekuasaan dan kemuliaan di antara penghuni surga.” {The Great Controversy, 1911, p. 493}


Lucifer di surga, sebelum pemberontakannya, adalah seorang malaikat yang tinggi dan agung, SETELAH ANAK KESAYANGAN ALLAH DALAM KEHORMATAN. Wajahnya, seperti malaikat lainnya, lembut dan mengekspresikan kebahagiaan. Dahinya tinggi dan lebar, menunjukkan kecerdasan yang kuat. Bentuknya sempurna; sikapnya mulia dan agung. SEBUAH BERKAS CAHAYA KHUSUS DI WAJAHNYA DAN BERSINAR DISEKELILING DIA LEBIH TERANG DAN LEBIH INDAH DARIPADA PARA MALAIKAT LAINNYA; NAMUN KRISTUS, ANAK ALLAH YANG TERKASIH, MEMILIKI KEUNGGULAN (PRE-EMINENCE) DARI SEMUA BALA TENTARA MALAIKAT (Termasuk dari Lucifer). DIA SATU DENGAN BAPA sebelum para malaikat diciptakan. Lusifer iri pada Kristus, dan secara bertahap mengambil alih perintah yang diserahkan hanya kepada Kristus. {SR 13.1}


bersambung...


Bagian 2 :

Bagaimana posisi Lucifer "Setelah" Kristus dibandingkan dengan bagaimana posisi Kristus "Setelah " Allah


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA