• Three Angels Media

Bagian 1 : Selamat datang di Zona Sabat


Selamat datang di 3AM (Three Angels Media). Kami sangat senang anda “meng-klik” kedalam bagian yang spesial ini dalam website kami. Siapkan diri anda untuk sebuah perjalanan yang luar biasa, karena informasi mengenai Zona Sabat adalah sesuatu yang sangat kontroversial dan membuka mata.

Topik menyangkut Hari Sabat vs Hari Minggu adalah salah satu subjek yang sangat emosional yang dihadapi oleh Gereja Kristen saat ini. Posisi kami adalah : Kami tidak bisa mempercayai tradisi manusia ataupun opini manusia karena ini tidak aman, karena seringkali mereka bertentangan satu sama lain. Sebaliknya, dan kami berharap anda pun merasakan hal yang sama – kami ingin mengetahui apa sebenarnya yang dikatakan oleh Kitab Allah, dan apa yang diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri, karena kami menerima ajaran-Nya yang murni sebagai Otoritas final dalam hidup kami.

Kami menyadari bahwa orang Kristen sejati ada di dalam banyak denominasi gereja; Baik yang memelihara hari Sabat maupun hari Minggu. Bukanlah keinginan kami untuk menilai motif, atau menentukan takdir, tapi untuk memeriksa secara jujur "Apa yang dikatakan Tuhan?" mengenai topik penting ini. Sebagai catatan, kami sepenuhnya menerima ajaran Paulus bahwa “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri (Efesus 2: 8, 9). Namun di dalam buku yang sama Paulus juga menyatakan, “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:..." (Efesus 6: 1, 2). Di sini Paulus mengutip perintah ke 5 (lihat Keluaran 20:12) dan menyuruh anak-anak Kristen untuk mematuhinya. Di dalam Zona Sabat, fokus kita adalah perintah ke 4, yang menyatakan, "Ingatlah akan hari Sabat, untuk menjaganya tetap kudus" (terjemahan langsung dari KJV Keluaran 20: 8). Pertanyaan utamanya adalah: Haruskah orang Kristen mematuhi perintah ini juga?

Dalam uraian berikut, kami berharap untuk membuktikan dari Alkitab sendiri, yang didukung oleh kutipan pendukung dari sumber-sumber sejarah yang diakui, bahwa:

1. Sabat Alkitab adalah hari Sabtu, sedangkan hari Minggu adalah "hari pertama dalam seminggu" (Mat 28:1; Markus 16:1,2, dll).

2. Sabat bukan milik orang Yahudi, tapi milik Tuhan (Keluaran 20:10).

3. Yesus Kristus secara teratur memelihara hari Sabat (Lukas 4:16), mengajarkan banyak tentang hari Sabat (Mat 12:12; 24:20), dan dengan jelas menyatakan bahwa Dia adalah "Tuhan atas hari Sabat" (Mat 12:8).

4. Yesus Kristus tidak pernah menyebutkan bahkan satu kali pun mengenai "hari pertama dalam seminggu/ hari minggu” . Dia tidak mengajarkan apapun tentang hal itu.

5. Perjanjian Baru tidak berkata apa-apa, sama sekali “diam” mengenai hari Minggu yang menurut banyak orang dikhususkan untuk menghormati kebangkitan Yesus Kristus. Puji Tuhan Yesus bangkit di Hari Minggu tapi tidak pernah Alkitab mengkhususkan Hari minggu untuk menghormati kebangkitan Yesus. Alkitab mengajarkan kalau kita percaya Yesus mati diatas kayu salib, dikubur dan bangkit pada hari ketiga maka kita harus dibaptis untuk supaya kita juga dikubur bersama-sama dengan Dia dalam kematian, supaya kita juga dibangkitkan bersama dengan Dia dalam hidup yang baru (Rom 6:4 ; Kol 2:12) Baptisan adalah tanda kita percaya untuk mengalami Kebangkitan Yesus, bukan memelihara hari Minggu.

6. Pemeliharaan hari Sabat bahkan berlanjut setelah salib (Lukas 23: 54-56) dan dipelihara oleh orang Yahudi dan bukan Yahudi dalam kitab Kisah Para Rasul (Kis 13: 42-44; 16:13).

7. Tidak ada otorisasi alkitabiah untuk perubahan Sabat Alkitab dari hari Sabtu sampai hari Minggu.

8. Nubuatan Alkitab dan sejarah, keduanya bersaksi bahwa Gereja Katolik Roma mengubah hari Sabat dari hari Sabtu ke hari Minggu. Daniel 7:25.

9. Tuhan membuat hari Sabat di awal dunia (Kej 2: 1-3) sebelum ada orang Yahudi, untuk menjadi berkat bagi semua orang. Yang terpenting, ini adalah tanda khusus bahwa Yesus Kristus adalah Pencipta langit dan bumi yang sejati (lihat Yohanes 1: 1-3, 10; Kol 1:16; Kel 20:11; Yehezkiel 20:12).

10. Menemukan kembali Sabat Yesus Kristus adalah bagian dari nubuatan Alkitab di akhir zaman (bandingkan dengan Wahyu 14: 6, 7 dengan Keluaran 20:11).

Sekali lagi, selamat datang di Zona Sabat . Kami mendorong Anda untuk membaca tulisan kami dengan seksama dan mengikuti teladan orang Berea yang baik hati.. "mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati, dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semua itu benar demikian" (Kis 17:11).

Artikel diatas diambil dan diterjemahkan dari White Horse Media atas ijin Steve Wohlberg, Direktur dan Pembicara White Horse Media.

Untuk Anda yang mau belajar lebih dalam tentang Kebenaran Firman Tuhan, silakan email ke 3AM@threeangelsmedia.com.

­

<-- artikel sebelumnya | artikel selanjutnya -->

Dapatkan pemberitahuan langsung ke email Anda

setiap kami menerbitkan artikel terbaru

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • YouTube
  • 2b926d_8338b6857b6e46a3a5d467e1ce88e42a_mv2

©2017 THREE ANGELS MEDIA

JAKARTA, INDONESIA